Martapura – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan merupakan salah satu instansi pemerintah yang langsung bersinggungan dengan pelayanan publik dan selalu dituntut untuk berinovasi.

Tujuan adanya perpustakaan yaitu untuk melakukan inovasi dalam bentuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dan koleksi yang disediakan oleh perpustakaan tersebut.

Kebanyakan perpustakaan saat ini sudah mulai menggunakan sistem digital atau bisa disebut sistem otomasi. Sistem otomasi merupakan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan Teknologi Informasi (TI).

Saat ini pengerjaan mengentri dan memasukan code buku oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan OKU Timur sudah mencapai 90 persen.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Bidang Kerja Sama dan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Perpustakaan dan Arsip, Maya Eka Sari SIP, MM dirinya dengan otomasi perpustakaan proses pengolahan data koleksi perpustakaan menjadi lebih akurat dan cepat untuk ditelusuri kembali.

“Mengingat dengan otomasi Perpustakaan (Library Automation) juga merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) untuk kegiatan-kegiatan perpustakaan meliputi pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan menyebarluaskan informasi juga mengubah sistem perpustakaan manual menjadi sistem perpustakaan yang terkomputerisasi,” terang Maya.

Lanjutnya, kegiatan otomasi perpustakaan sampai saat ini sudah mencapai 90 persen buku yang terentri dan sudah hampir selesai. “Entri buku ini dilakukan untuk cetak label dan barcode setiap buku,” katanya.

Diharapkan program ini dapat dijalankan di setiap sekolah sehingga dapat dimanfaatkan siswa atau masyarakat secara umum. Harapan selanjutnya dapat dijalankan, juga di setiap OPD yang ada di OKU Timur, sehingga dapat mengakses data seperti Perda, perbup yang ada disetiap OPD.

“Saya sangat berharap program otomasi ini dapat berjalan dengan sukses seperti yang diharapkan, namun tentunya perlu dukungan dari berbagai kalangan, baik dari masyarakat dan pemerintah,” tukasnya. (mat)

sumber : sumselupdate.com

Advertisements

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s