GARUT – Wakil Bupati Kabupaten Garut Dr. Helmi Budiman membuka secara langsung kegiatan Sosialisai Pembudayaan Gemar Membaca, di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Garut, Selasa (30/7).

“Selama ini yang namanya Perpustakaan, selalu diidentikan dengan sebuah ruangan yang terkesan formal. Sehingga membuat enggan orang masuk. Untuk itu, saya ingin menciptakan sebuah ruangan terbuka tempat membaca,” ujar Wakil Bupati Garut Helmi Budiman.

Helmi menjanjikan, Pemkab Garut akan membangun sebuah Perpustakaan terbuka. Sehingga bisa digunakan tempat nongkrong para remaja yang gemar membaca.

“Rencananya ruang Perpustakaan terbuka akan di bangun di bekas Lapang Paris. Untuk itu saya berharap, pembangunan perpustakaan dengan konsep terbuka akan dimulai setelah jembatan maktal selesai dibangun,” ucapnya.

Menurut Helmi, Perpustakaan merupakan refleksi peradaban suatu bangsa, kalau peradaban suatu bangsa sudah maju, biasanya perpustakaan di negara tersebut juga akan mengikutinya. Tapi sangat disayangkan, sedikit sekali masyarakat yang bisa memanfaatkan perpustakaan untuk memperkaya pengetahuannya.

“Untuk itu kami, berencana akan merancang konsep taman bacaan di ruang terbuka, sehingga nantinya akan kembali membangkitkan gairah membaca masyarakat Garut,” tuturnya.

Diatas lahan seluas 1 hektar yang ada didepan kantor arsip dan Perpustakaan lanjut dia, rencananya nanti akan dibangun Ruang Perpustakaan terbuka. Diharapkan masyarakat Garut akan lebih antusias dalam meniņgkatkan budaya gemar membaca.

“Namun disisi lain, saya juga meminta, agar Dinas terkait harus mampu memberikan layanan prima terhadap pembaca. Bisa menciptakan suasana perpustakaan yang kondusif, memberikan keteladanan serta menjaga nama baik lembaga,” pungkasnya. (Jank/Tantan)

Sumber : priangannews.com

Silahkan Memberikan pesan / komentar