Hari buku tidak hanya dirayakan oleh pembaca dan pecinta buku. Namun penulis dan orang-orang yang terlibat dalam pembuatan sebuah buku pun ikut merayakannya. Sebuah buku tentu tidak akan hadir tanpa kerja keras penulisnya.

Jika dalam hari buku ini Anda memutuskan untuk menjadi penulis namun bingung cara tepat memulainya, maka Anda bisa mengikuti 5 cara ini:

1. Menulis per bab untuk dibaca orang lain

Kumpulkan beberapa orang, misal 10 orang, yang bersedia membaca perkembangan menulis Anda setiap babnya. Dengan melakukan hal ini, maka kita akan lebih termotivasi untuk menulis secara teratur, seperti sebulan sekali menghasilkan satu bab.

Akan ada masa di mana Anda stagnan dan menunda-nunda dalam proses menulis. Tapi dengan mengetahui ada orang-orang yang menantikan kelanjutan kisah Anda, semangat Anda pun akan berkobar kembali.

2. Tingkatkan penulisan saat mendapatkan saran

Beberapa orang yang Anda percayakan untuk membaca kemajuan Anda tidak hanya bertugas untuk membaca. Namun mintalah mereka memberikan umpan balik setelah selesai membaca.

Dengan mendapatkan saran dari beberapa orang yang berbeda, Anda akan memahami kesalahan apa dalam bab tersebut. Anda jadi mengetahui bagian mana yang membingungkan, tidak jelas, tidak masuk akal, atau tidak memiliki kesinambungan dengan bab sebelumnya.

3. Bawalah ide penulisan Anda ke kelompok besar

Setelah melalui beberapa proses dengan kelompok kecil yang mengkritik karya Anda. Tidak ada salahnya Anda mengetes tulisan Anda ke kelompok yang lebih besar. Di saat-saat inilah ide-ide penulisan akan lebih berkembang. Lalu kepercayaan diri Anda pun akan semakin tumbuh, sehingga Anda lebih siap dengan berbagai kritik dari pembaca saat buku Anda telah diterbitkan.

4. Gunakan keseluruhan saran untuk menyempurnakan buku

Ya setelah keseluruhan ide Anda sudah tertuang dan sudah mendapatkan berbagai macam saran. Maka saatnya Anda memperbaiki keseluruhan tulisan Anda. Dengan melalui tiga tahap di atas, maka Anda lebih siap untuk menulis dengan ide-ide yang lebih berkembang.

Lalu Anda pun akan lebih percaya diri mengajukan tulisan kepada penerbit dan melalui tahapan-tahapan pengecekan oleh editor.

5. Tetap menerima saran setelah buku selesai ditulis

Buku sudah tuntas ditulis bukan berarti proses menulis Anda pun berakhir. Karena masih ada tahapan Advance Reading Copy, di mana penerbit memberikan buku Anda secara gratis ke orang-orang tertentu seperti blogger buku, jurnalis, bahkan public figure sebelum buku naik cetak. Setelah mendapatkan masukan, maka Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki tulisan Anda sebelum buku Anda sampai di tangan pembaca.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

Sumber: liputan6.com

Silahkan Memberikan pesan / komentar