SLEMAN – LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerjasama dengan Bina Keluarga Lansia (BKL) Mugi Waras Dusun Blendung dan Bina Keluarga Lansia (BKL) Mekar Sari Dusun Menulis, Sumbersari menginisiasi pembangunan Taman Bacaan Lansia di dusun Blendung dan Menulis Sumbersari Sleman.

Taman bacaan yang sebenarnya cukup sederhana tersebut ternyata dilengkapi dengan Wifi untuk memudahkan pencarian sumber referensi secara online.

Tiga dosen UMBY yaitu Dr Triana Noor Edwina, Sowanya Ardi Prahara dan Arita Witanti dibantu beberapa mahasiswa menjadi inisiator pertama kali pembuatan tersebut. Warga desa setempat berkontribusi dengan mempersiapkan lokasi perpustakaan yang ada di salah satu rumah warga.

“Taman bacaan ini secara khusus untuk lansia yang ingin terus belajar dan mengupdate informasi. Taman bacaan ini dilengkapi software untuk pengolahan koleksi slim dan fasilitas Wifi disediakan untuk meningkatkan pencarian sumber referensi dari perpustakaan digital nasional dan referensi multimedia di internet,” ungkap Dr Triana Noor pada wartawan, Senin (23/7/2018).

(Perpustakaan di Tengah Hutan)

Taman bacaan lansia di dua dusun ini memiliki 100 koleksi buku, 50 majalah dan sejumlah dokumen multimedia. Kelengkapan koleksi masih diupayakan terutama koleksi multimedia untuk melengkapi sumber informasi yang didapatkan.

Pendirian taman bacan lansia ini dimulai dari bulan Maret 2018, diawali dengan pencarian minat buku koleksi yang dibutuhkan oleh warga lansia. Umumnya warga menyukai koleksi seputar kesehatan, hobi, dan ketrampilan.

Periode April dan Mei 2018 selain selama proses pemesanan kelengkapan dan hutting buku ke penerbit, para kader BKL mendapatkan materi tentang perkembangan lansia dan media pembelajaran untuk melakukan penyuluhan, pembinaan dan konseling. Mulai Juni proses pengolahan buku, kelengkapan setting taman bacaan serta sirkulasi dilanjutkan di mana UMBY memberikan pelatihan khusus tentang pengolahan koleksi kepada pengurus harian taman bacaan.

“Projek taman bacaan lansia ini masih terus dilakukan sampai saat ini dengan program pelatihan e-library oleh kepala perpustakaan UMBY dan pelatihan office oleh mahasiswa oleh mahasiswa teknik informatika UMBY yang direncanakan berjalan minimal satu kali. Setelah itu akan dilanjutkan dengan evaluasi taman bacaan lansia sebagai media pembelajaran, pendidikan dan pelatihan tentang perkembangan lansia serta media pembelajaran untuk melakukan penyuluhan, pembinaan dan konseling untuk meningkatkan kualitas hidup lansia,” pungkas Triana.

Sumber : okezone.com

Advertisements

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s