BATU – Minat baca bagi warga di Kota Batu rupanya masih rendah. Meskipun beragam fasilitas telah diupayakan oleh Pemkot Batu.

Seperti halnya perpusatkaan umum di Balai Kota Among tani. Rata-rata tiap bulannya hanya ada sekitar 430 pengunjung. Mulai dari kategori anak-anak hingga dewasa. Bahkan, di hari-hari tertentu tidak seorang pun pengunjung datang ke perpustakaan ini.

Rendahnya kunjungan tersebut dikarenakan berbagai faktor. Antara lain karena masyarakat banyak yang tidak tahu keberadaan perpustakaan Kota Batu ini.

Minimnya sosialisasi hingga masyarakat enggan datang ke perpustakaan Kota Batu di Lantai 2 dan 3 gedung A Balai Kota Among Tani ini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Eko Suhartono menjelaskan masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan Kota Batu sementara ini memang sedikit. Karena banyak warga Kota Batu yang justru memanfaatkan perpustakaan di luar Balai Kota Among Tani.

“Memang tingkat kunjungan di perpustakaan umum ini masih rata-rata 500 orang per bulan. Itu juga telah dibanu dengan anak-anak TK yang sering berkunjung ke sini untuk belajar,” ungkap Eko.

Melihat antusias warga terhadap perpustakaan umum tidak banyak, pihaknya rupanya bakal memanfaatkan bangunan kosong aset Pemkot Batu. Salah satunya di Jalan Kartini yang sangat tepat untuk menjadi perpustakaan pusat.

“Kita sudah punya rencana memindahkan di daerah pusat kota. Dan kebetulan Pemkot Batu punya aset itu di Jl Kartini,” imbuhnya.

Upaya ini dilakukan tentunya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Batu. Dengan demikian tingkat kunjungan juga bertambah nantinya.

Nanda Setia, siswa Kelas 11 SMAN 2 Batu mengutarakan ia datang ke Perpustakaan Kota Batu di Balai Kota Among Tani ini butuh waktu perjalanan yang lumayan. Karena memang jarak rumahnya dengan perpustakaan ini cukup jauh.

“Kebetulan ini pengalaman pertama saya membaca di sini. Karena jarak rumah jauh, lalu jam sekolah sampai sore jadi enggak bisa memanfaatkan perpustakan kota ini,” ujar Nanda.

Sumber : jatimtimes.com

Advertisements

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s