Jawa Tengah – Di tengah berkembangnya teknologi informasi digital yang sangat cepat melalui internet dan media massa, perpustakaan masih tetap menjadi tempat yang diburu oleh mereka yang haus akan ilmu pengetahuan. Ruang membaca yang bersih dan nyaman serta memuat bermacam ragam koleksi judul buku menjadi tempat favorit bagi mereka yang memiliki hobi membaca.

Berdasarkan data pengunjung pada 2016, keberadaan perpusda ini memang masih belum maksimal.
Berdasarkan data pengunjung pada 2016, keberadaan perpusda ini memang masih belum maksimal.

Tempat membaca yang nyaman dengan berbagai koleksi buku tersebut bisa ditemui di Perpustakaan Daerah Mr. Besar Martokoesoemo Kota Tegal. Tepatnya berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, No. 12, Tegal.

Kepala seksi pelayanan dan informasi perpustakaan daerah Kota Tegal, Wiluyo mengatakan berdasarkan data pengunjung pada 2016, keberadaan perpusda ini memang masih belum maksimal. Meski begitu pihaknya terus melakukan pembenahan dengan target pada 2018 nanti, perpusda tersebut bisa terakreditasi secara nasional.

“Di tahun 2016 jenis keanggotaan umum yang mengunjungi perpusda sekitar 1.144 orang, mahasiswa 1.091 orang, SLTA 910 orang, SLTP 587 orang dan SD/MI 1.063 orang” ujarnya kemarin.

Saat ini ungkapnya, upaya yang dilakukan agar target akreditasi tercapai yakni dengan melakukan pendataan sekolah mana yang telah mengacu standar pelayanan nasional perpustakaan dan sekolah mana yang belum. “Selain itu juga dengan intensifikasi, yakni upaya jemput bola dengan mobil pintar, mobil keliling pintar dan motor keliling pintar,” tambahnya.

Ia berharap perpusda Mr. Besar Martokoesoemo Kota Tegal nantinya menjadi “Center of Living Library”. “Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat peminjaman dan tempat membaca buku tetapi juga sebagai tempat agen pemberdayaan masyarakat” jelasnya.

Mengenai jenis buku yang sangat diminati pengunjung berdasarkan klasifikasi buku di perpusda Mr. Besar Martokoesoemo Kota Tegal, menurutnya buku sastra dan fiksi adalah jenis buku yang sangat diminati pengunjung. Selama tahun 2016 peminat baca mencapai 3.517 orang, buku buku ilmu sosial 831 peminat, buku sains dan matematika peminatnya 558 peminat, buku teknologi 446 peminat, buku agama 447 peminat, buku kesenian dan rekreasi 325 peminat, buku sejarah dan geografi 165 peminat, buku filsafat dan psikologi 123 peminat, buku bahasa 118 peminat serta buku agama islam 3 peminat.

Siswi SMAN 1 Kota Tegal Fitrian Widiastuti, salah satu pengunjung perpustakaan mengatakan datang ke perpustakaan menjadi suatu hal yang menyenangkan selain dapat membantu menyelesaikan tugas dari sekolah juga dapat membaca buku buku fiksi kesukaannya. “Lumayan sering kesini, untuk mengerjakan tugas sekolah dan baca buku lainnya juga,” tuturnya.

Sumber: merdeka.com

Advertisements

One thought on “Perpusda Kota Tegal targetkan akreditasi nasional pada 2018

  1. assalammualaikum wr wb.
    mhn info, ada tdk alumni bernama sitti hadijah / khadijah.
    alumni thn 2003-2004-2005.
    tinggal dimakassar, dibarabaraya, kuruwisi, kompleks situlah.

    salam.
    ando lobud

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s