Anak Kampung Punya Wawasan yang Luas, Syamsuar : Kuncinya Rajin Membaca

Dalam rangka untuk mencerdaskan masyarakat Siak, Syamsuar buka Jambore Perpustakaan yang ke 4 di halaman kantor Perpustakaan dan Arsip kabupaten Siak, kamis (2/6/2016).Turut hadir Plt. Kepala Perpustakaan Nasional Dedi Junaidi, Kepala Perpustakaan Provinsi, Kepala Perpustakaan Kota Pekanbaru serta narasumber Seorang Penulis terkenal Darwis Tere Liye dan Pendongeng yang khas dengan gaya mendongeng yang islami Daiah Lulu Susanti.

“Ada banyak cara untuk mencerdaskan bangsa salah satunya adalah dengan cara mendatangkan minat baca untuk seluruh masyrakat tanpa terkecuali,” ujar Syamsuar.

Kita ketahui bersama, bahwa bangsa kita mulai tahun 2016 sudah masuk ke dalam masyarakat ekonomi asean dimana tenaga kerja dari luar negeri bebas untuk mencari pekerjaan di Negara kita. Ini semua tentu menjadi tantangan tersendiri bagi masyrakat Indonesia dan bagi masyarakat Kabupaten Khususnya.

“Semua itu dilakukan agar masyarakat kita tanpa terkecuali bisa mempunyai wawasan yang luas meskipun mereka tinggal di kampung,” kata orang nomor satu di Siak tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa minat untuk membaca buku di kalangan Masyarakat di perkampungan sangat rendah, oleh karena itu melalui Jambore ini di harapkan minat baca bagi masyarakat yang tinggal di Perkampungan semakin meningkat. Karena membaca merupakan salah satu cara untuk menambahkan wawasan masyarakat, jelas Bupati.

Dilain pihak Plt Kepala Perpustakaan Nasional Dedi Junaidi menyebutkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih rendah, itu semua di tandai dengan Negara kita mendapat urutan 60 dari 61 Negara dengan jumlah masyarakat yang gemar membaca. Itu semua di dapat berdasarkan hasil penelitian dari 61 Negara dengan jumlah masyarakat yang gemar

membaca.

Untuk menumbuhkan minat baca bagi masyarakat, kita juga harus menyediakan fasilitas yang memadai untuk menyokong minat masyarakat tersebut. Salah satunya adalah ketersediaan perpustakaan yang layak.

“Peran perpustakaan sebagai suatu lembaga yang menyediakan dan menyajikan informasi menjadi sangat penting, dimana informasi sudah menjadi kebutuhan primer bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali” Ucap Dedi.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Ibu Hera, karena Kantor Perspustakaan dan Arsip Kabupaten Siak telah mendapatkan Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional. Menurutnya, Kantor yang dikepalai Ibu Hera ini telah memenuhi kriteria.

Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Hera Yulwita mengatakan untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Siak melalui kantor perpustakaan, arsip dan dokumentasi menyelenggarakan kegiatan Jambore Perpustakaan untuk Kampung-kampung. Acara yang diikuti oleh 1000 peserta dari 14 kecamatan yang terdiri dari anak-anak tingkat SD sebanyak 326 Orang, remaja tingkat SMP dan SMA sebanyak 410 orang.

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s