PerpuSeru, Layanan Baru Tingkatkan Minat Baca

LAMONGAN – Perpustakaan Daerah (Perpusda) Pemkab Lamongan menggandeng sebuah yayasan multinasional untuk meningkatkan pelayanannnya. Lewat Program PerpuSeru, Perpusda yang dikelola Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD), akan menambah sejumlah fasilitas pelayanan.

“Perpustakaan Kabupaten Lamongan dianggap punya potensi untuk menjadi mitra dalam program PerpuSeru untuk Peningkatan untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat bersama Coca Cola Foundation didukung oleh Bill & Melinda Gates Foundation,” ungkap Kepala BPAD Hurip Tjahjono, Jumat (29/4).

Menurut Hurip, Perpusda Lamongan dianggap layak dalam program tersebut karena sudah mengembangkan teknologi informasi sebagai pendukung.
“Seperti sudah menggunakan katalog online sejak tahun 2012 dan menggunakan jaringan bandwidth sebesar 12 Mbps,” terangnya. Bahkan sejak 2 tahun terakhir, perpusda Lamongan telah terintegrasi dengan perpustakaan provinsi untuk infomasi data. “Seperti jumlah koleksi dan judul buku. Lamongan, bersama Surabaya dan Sidoarjo adalah daerah pertama yang menggunakan jaringan tersebut,” tambahnya.
“Program PerpusSeru ini memfasilitasi perpustakaan dengan teknologi informasi sebagai bagian dari program literasi sebagai sumber informasi bagi masyarakat yang diarahkan agar pengetahuannya meningkat. Sehingga kedepannya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri. Dari program tersebut Perpustakaan Kabupaten Lamongan mendapatkan bantuan 4 set peralatan komputer dan pelatihan,” jelas Hurip.
Hingga 2015, perpusda Lamongan sudah memiliki 80.850 koleksi buku dengan 18.000 judul. Setiap tahun jumlah koleksi buku ditambah sekitar 6.000 buku. Sementara jumlah pengunjung dari tahun ke tahun terus memeningkat. Di tahun 2014 hanya kurang lebih ada 60 pengunjung per hari, namun di tahun 2015 meningkat menjadi kurang lebih 100 pengunjung per hari.
“Di bulan April ini, yang biasanya perpustakaan hanya buka sampai jam 4 sore di hari kerja, ditambah sampai dengan jam 5 sore. Karena bulan ini adalah bulan pelajar ujian. Kemudian di hari Sabtu dan Minggu, kami buka sampai dengan jam 2 siang. Fasilitas yang terdapat di dalamnya yakni free wifi dan 10 set komputer yang dapat digunakan semua pengunjung,” pungkas Hurip.(zen/epe)

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s