Bangun Minat Baca, RUU Sistem Perbukuan Jadi Prioritas

Bulan lalu, Most Literate Nations in the World merilis pemeringkatan literasi internasional. Indonesia berada di urutan ke-60 di antara total 61 negara. Artinya, Indonesia berada di ranking kedua dari bawah, 1 peringkat lebih baik dibanding Botswana.

Menurut Wakil Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris, hal ini terjadi karena memang sistem perbukuan di Indonesia belum berkembang secara memadai baik dari segi penciptaan, penerbitan, pencetakan, pendistribusian, perdagangan, pengimporan, pengeksporan, penggunaan, pengadaan, penghargaan, kelembagaan, pengawasan sampai kepada perlindungan.

“Ini harus dihadirkan sebuah sistem untuk membangun minat baca masyarakat. Perbukuan di Indonesia belum berkembang secara memadai, baik secara budaya, politik, ekonomi, maupun hukum,” kata Fahira, Jumat (29/4) di Jakarta.

Kondisi ini, kata dia, harus diintervensi dengan sebuah sistem yang memaksa’ terciptanya budaya buku, baik minat baca maupun minat menulis buku.

“Saat ini RUU (rancangan undang-undang) sistem perbukuan menjadi salah satu RUU prioritas yang akan dibahas 2016 ini. Kita doakan bersama rampung tahun ini karena memang kehadirannya sangat mendesak,” katanya.

Sama halnya dikatakan rekan sesama Komite III DPD RI Stefanus Liow. Dirinya berharap sistem perbukuan segera di UUkan. Sehingga akan memberikan dampak positif dalam pengembangan pendidikan, termasuk kualitas dan minat baca bisa meningkat signifikan.

“Pemerintah pusat dan daerah harus mengoptimalkan kewenangannya,” tegas Liow.

Menurutnya, penulis harus mendapat royalti yang layak agar menghasilkan buku-buku baca yang benar-benar berkualitas. Kemudian percetakan dan penerbitan di daerah diberikan kesempatan yang sama, agar jangan sampai sekarang ini masih terpusat di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa.

“Dampaknya buku mahal dijual, masyarakat sulit memperoleh buku dan minat baca semakin kurang,” sesalnya.

Sumber: jawapos.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s