Tingkatkan Minat Baca Sejak Dini

BATANG – Membaca menjadi kegiatan positif yang mampu mendukung perkembangan kecerdasan anak usia dini. Membaca, sebelum menjadi bahan ajar utama dalam masa-masa pendidikannya, perlu dikenalaan sebagai upaya memupuk minat terhadap membaca buku. Agar nantinya dapat menjadi kebiasaan rutin di masa tumbuh kembangnya.

INTERAKSI – Interaksi pegawai perpustakaan keliling dengan murid di KB Sejahtera Batang. NOVIA ROHMAWATI

“Kami memang hadir di sekolah, bahkan di tingkat pendidikan anak usia dini. Hal ini sebagai upaya untuk mengenalkan anak terhadap buku, sehingga nantinya anak dapat tertarik dan mau membaca buku,” beber Kepala Seksi Perpustakan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Batang, Elis Naini SIP, saat ditemui di Kelompok Bermain (KB) Sejahtera, Senin (26/4).

Dijelaskan, pihaknya tidak hanya menyodorkan buku ke anak. Namun juga berinteraksi seperti guru-guru PAUD pada umumnya. Kegiatan ini juga diselingi dengan beberapa kegiatan, antara lain menyanyi, pemutaran video pendidikan dan kegiatan menarik lainnya. Kegiatan ini dilakukan agar anak tidak bosan dapat tertarik dengan apa yang akan mereka ajak.

Untuk kunjungan ke tingkat PAUD, pihaknya menggunakan Motor Pintar (Mopin) untuk armada perpustakaan keliling. Biasanya Mopin ini diperuntukkan untuk daerah-daerah terdekat. Sedangkan untuk daerah yang lebih jauh menggunakan mobil keliling.

“Untuk PAUD memang menggunakan Mopin, seharinya ada sekitar 5 armada yang berangkat. Tapi untuk Mopin hanya ada satu, dan kebetulan sudah tua, jadi sering mogok, kadang kami malu dengan sekolah, karena terkadang harus membatalkan acara karena mopinnya mogok,” imbuh perempuan yang kerap disapa Bu Elis ini.

Senada dengan Bu Elis, salah satu guru KB Sejahtera, Wiwik Finishih, mengungkapkan bahwa untuk mengajak anak PAUD tertarik dengan buku maka perlu adanya pendekatan-pendekatan khusus. Terlebih anak usia dini cenderung mudah bosan dengan sesuatu yang monoton Sehingga perlu adanya inovasi dalam upaya pendekatan tersebut,
“Kami bekerja sama dengan perpustakaan sudah lama ya mbak. Memang harus ada inovasinya untuk melakukan pendekatan ke anak, sehingga anak-anak tertarik dan akhirnya mau berkunjung ke perpustakaan. Biasanya kami pun rutin melakukan kunjungan ke perpustakaan,” tandasnya.

Sumber: radarpekalongan.com

Advertisements

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s