Tingkatkan Minat Baca Masyarakat dengan Perpustakaan Digital

Jakarta: Kebutuhan perpustakaan digital saat ini semakin mendesak. Perpustakaan digital sangat dibutuhkan agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses buku.

Sebagaimana diketahui, angka minat baca di Indonesia saat ini masih rendah karena keterbatasan akses.

“Saya rasa memang harus dengan cara kreatif dan inovatif. Bagaimana caranya agar orang mencintai buku. Saat ini, metodenya sudah banyak,” ucap Duta Baca Indonesia Najwa Shihab, dalam seminar bertajuk Penataan Kelembagaan Perpustakaan Umum dalam Menunjang Pembudayaan dan Kegemaran Membaca, di Hotel Horison, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (26/4/2016).

Saat ini, tambah Najwa, gadget menjadi barang yang hampir dimiliki setiap orang. Dengan pengadaan perpustakaan digital, diharapkan minat membaca masyarakat Indonesia kian meningkat.

“Sangat sulit mengharapkan orang datang ke perpustakaan pada zaman ini. Saat ini, masyarakat lebih familiar dengan teknologi,” kata Najwa, menambahkan.

Untuk daerah yang belum akrab dengan teknologi, Najwa mengimbau untuk tidak pesimistis. Saat ini, banyak anak muda yang bahu-membahu terjun langsung ke pelosok daerah demi memberikan pengajaran dan pendidikan gratis lewat buku-buku yang disumbangkan.

“Saya yakin di daearah ada banyak pendekar literasi. Tugas saya, media , dan kalian semua menemukan pendekar yang memiliki misi mengajak warga daerah agar menyukai membaca buku,” kata presenter program Mata Najwa itu.

Najwa juga mengungkapkan dukungannya kepada pengurus perpustakaan daerah yang tidak pernah putus asa dan senantiasa mengingatkan warga akan pentingnya membaca.

“Saya mengapresiasi pengurus perpustakaan daerah yang punya ide agar orang mau kenal dan cinta buku,” kata dia, menutup pembicaraan.

Sumber: metrotvnews.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s