SD Muhammadiyah Kembangkan Budaya Baca

Untuk mengembangkan budaya baca pada anak didik, SD Muhammadiyah (SDM) Kajen melibatkan berbagai stakeholder, mulai dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kajen selaku yayasan, Dikdasmen, Komite sekolah, bahkan paguyuban kelas pun ikut terlibat di dalamnya.

Hal itu diungkapkan Kepala SD Muhammadiyah Kajen, Mustariadi. Diungkapkan, budaya baca dengan senyap (membaca dalam hati, red) melibatkan siswa kelas I – VI. Hal itu dilakukan setiap Senin pagi, dua minggu sekali dengan durasi waktu 30 menit menggunakan buku cerita yang dimiliki siswa sendiri. Karena sekolah memprogramkan setiap siswa memiliki buku bacaan sendiri.

Membaca bersama yang melibatkan kelas I , II dan III menggunakan Buku Big Book dipandu guru. Kegiatan ini dilakukan setiap hari selasa dan Rabu selama 15-20 menit diluar pembelajaran. Membaca terbimbing dengan menggunakan B3 (Buku Bacaan Berjenjang), dimana setiap siswa dikelompokkan sesuai kemampuan masing-masing. Setiap siswa akan mendapatkan giliran maju satu persatu untuk membaca melalui jurnal baca yang disiapkan oleh guru, sehingga orang tua bisa mengetahui anaknya sudah membaca apa belum.

Ada juga kegiatan membaca mandiri bagi dimana siswa diberi kesempatan untuk membaca sendiri menggunakan buku bacaan yang sesuai dengan kemampuannya.

“Kegiatan ini diharapkan siswa mampu menguasai ketrampilan tentang prediksi, tanda baca, kosa kata dan memahami isi cerita,” ungkapnya.

Tujuan kegiatan budaya baca, untuk meningkatkan minat baca siswa, membangun rasa kecintaan siswa terhadap buku.

Sumber: radarpekalongan.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s