Memperkuat Budaya, Baca Literatur Cetak

SEMARANG – Memperkuat budaya membaca dari sumber literatur cetak dipandang tetap penting dewasa ini. Sebab,meski zaman telah bergeser pada era digital, menambah wawasan melalui ini masih bermanfaat.

Alasan ini juga yang menjadikan Penghuni Panti Asuhan Aisyiah Srikandi Poncol rela menyulap gudang tak terpakai untuk lokasi taman pintar. ”Membaca buku, koran, majalah, atau sumber kepustakaan lain tetap penting bagi kami. Sebab, sumber-sumbernya dapat dipercaya sehingga kebenaran informasinya akurat,” tutur pengelola rumah pintar di tempat itu, Latifah, kemarin.

Pendirian taman pintar sekaligus diinisiasi Pusat Kependudukan Perempuan dan Perlindungan Anak (PKP2A) LPPM UPGRIS dan pengurus Muhammadiyah. Sasarannya adalah kaum remaja putri penghuni panti. Mereka, adalah bagian dari generasi muda yang harus didorong tumbuh cerdas melalui budaya membaca.

Anak-anak panti bahkan diajarkan hidup tak tergantung dengan piranti ponsel atau gawai. Selain itu juga lebih suka hidup sederhana dengan memperbanyak belajar, membaca, dan menjalankan ibadah. Eni, salah seorang remaja putri di panti asuhan mengakui, membaca menjadikannya berjumpa banyak solusi untuk memecahkan masalah. Selebihnya aktivitas tersebut bisa dianggap sebagai rekreasi otak dengan menerima hal-hal yang mencerahkan.

Dapat Perhatian

Kepala PKP2A Arri Handayani mengakui anak-anak panti bagian dari generasi muda yang harus mendapat perhatian.

Mereka butuh menerima dukungan semua pihak. Lantaran sebagian juga sudah tidak lagi memiliki orang tua maka wajib mendapat dorongan supaya hidupnya bisa mandiri dan berhasil. ”Selain menumbuhkan minat membaca, melalui taman pintar ini anak-anak akan diajari keterampilan tambahan.

Akademisi dan pengurus organisasi keagamaan ini akan menggali minat dan bakat penghuni di bidang akademis,” tuturnya di sela-sela peluncuran rumah pintar di kompleks Gang Srikandi Poncol kemarin.

Misalnya dengan memberi kesempatan mengikuti les menjahit, desain, memasak dan sebagainya di rumah pintar.

Sumber: suaramerdeka.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s