Budaya Baca Masyarakat Medan Rendah

Minimnya minat baca masyarakat Kota Medan, ditandai dengan sepinya kunjungan ke perpustakaan yang tersedia.

Guru besar Antropologi Universitas Negeri Medan (Unimed), Usman Pelly mengatakan, hal yang sama juga terlihat dari sepinya pengunjung yang datang ke perpustakaan milik pribadinya.

“Hanya mahasiswa S2 dan S3 bimbingan saya yang datang untuk mencari referensi di sini,” kata Usman Pelly di kediamannya, kawasan Griya Unimed, Selasa (26/4).

Usman Pelly menjelaskan, buku-buku yang berada di perpustakaan miliknya dikumpulkan sejak ia masih berstatus siswa SMP. Hingga kini, jumlahnya telah mencapai sekitar 15.000 buku.

“Saya pun merasa prihatin dengan kondisi tersebut. Kondisi ini disebabkan minat baca yang semakin menurun di kalangan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Usman Pelly, minimnya budaya membaca disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena faktor sosial dan ekonomi.

“Masyarakat sudah tidak sempat lagi membaca dan membeli buku, banyak penyebab masyarakat tidak mau membaca. Faktor ekonomi dan sosial yang sedang kritis, sudah terlalu menyibukkan masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap, seluruh masyarakat di Kota Medan agar mau meningkatkan budaya literasi. Untuk perpustakaannya, tidak hanya ditujukan kepada kalangan mahasiswa dan profesor saja, tetapi juga dibuka untuk umum demi meningkatkan budaya literasi.

“Perpustakaan buka dari Senin sampai Sabtu, siapa pun bisa datang kemari, gratis,” tandas mantan Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Sumatera Utara tersebut.

Sumber: analisadaily.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s