IPM Bulungan Rendah, Minat Baca Kalangan PNS Dinilai Minim

TANJUNG SELOR – Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemerintahan Kabupaten Bulungan Datu Buyung Perkasa, mengatakan minat membaca di kalangan pelajar dan masyarakat masih sangat minim, apalagi pegawai negeri sipil (PNS). Bahkan, perpustakaan melakukan metode baru dengan membuka sampai malam hari.

“Mengingat kalangan PNS mulai pagi sampai sore hari disibukkan dengan rutinitas. Sebab itulah kita termotivasi untuk buka malam hari, agar meluangkan waktu untuk membaca di perpustakaan,” jelas Datu, Sabtu (23/4).

Langkah tersebut untuk menggiatkan minat membaca yang menurun di tahun 2014. Berdasarkan gravitasi 2014, selama setahun tercatat 1.850 pembaca. Namun dengan adanya metode membuka perpustakaan hingga malam hari, data Januari hingga Maret 2016 sudah mencapai 900 lebih pembaca.

Diperkirakan, kata Datu, dalam kurun waktu setahun ini minat baca bisa mencapai 3.000 pembaca. Bila dikalkulasi per harinya, rata-rata yang membaca di perpustakaan diperkirakan sekitar 100 orang. Tetapi, jumlah tersebut dari kalangan pelajar.

Bertepatan dengan Hari Buku Sedunia, yang diperingati tiap 23 April, Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemerintahan Kabupaten Bulungan bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Bulungan menggelar membaca buku di sepanjang Tepian Sungai Kayan, Tanjung Selor, Kaltara. Dengan melibatkan ribuan pelajar dari semua jenjang mulai PAUD hingga SMA yang ada di Bulungan.

Menurutnya, momen Hari Buku Sedunia, khususnya orang tua dan masyarakat dapat meningkatkan minat membaca. Untuk memberikan contoh kepada anak-anak, karena dengan melihat orang tua membaca bisa termotivasi.

Disebutkan, kantor perpustakaan telah menyediakan 10 ribu eksemplar baik untuk kalangan pelajar maupun masyarakat. Jumlah buku yang tersedia dinilai mencukupi, tapi untuk perpustakaan desa setiap tahun masih terbatas. Namun, di tahun ini perpustakaan Bulungan akan memberikan bantuan buku untuk perpustakaan desa yang berada di Satuan Pemukiman (SP) 3 Tanjung Buka.

Di lain pihak, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bulungan M.Syafril, mengungkapkan peringatan Hari Buku Sedunia untuk mengangkat minat baca terutama di Bulungan kepada anak-anak sekolah. Hal itu agar tidak kalah dengan pelajar di provinsi maupun kabupaten/kota lainnya.

“Apa lagi saat ini kita sudah lengkap dengan memiliki perpustakaan dan semua buku tersedia. Agar dapat memacu anak-anak minta baca,” terangnya. Kegiatan membaca yang dilaksanakan karena indeks pembangunan manusia (IPM) di Bulungan sangat rendah. Menurut Syafril, membaca bisa dilakukan dimana saja, jangan sampai ketinggalan dengan perkembangan.

Pemkab berencana mengagendakan minat membaca bagi pelajar setiap tahun. Termasuk dengan melibatkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan instansi lainnya. Langkah itu, lanjut Syafril, untuk meningkatkan IPM.

Sumber: bulungan.prokal.co

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s