30 Menit Membaca di Tepian Sungai Kayan, Peringatan Hari Buku Sedunia di Bulungan

Bagi para pecinta buku di seluruh belahan dunia tentunya telah mengetahui kapan Hari Buku Sedunia atau World Book Day diperingati. Sebagai bentuk minat baca di kalangan pelajar dilaksanakan membaca yang melibatkan semua jenjang pendidikan yang ada  di Bulungan.

30 MENIT: Pelajar dilibatkan dalam kegiatan membaca untuk peringati Hari Buku Sedunia, Sabtu (23/4).

PURWANTO, Tanjung Selor

TAK seperti hari biasanya, kemarin (23/4) sekira pukul 07.15 Wita, pemandangan di sepanjang Tepian Sungai Kayan dipadati sejumlah pelajar mulai PAUD hingga SMA/SMK. Bagi pelajar SD sampai dengan SMA/SMK menggunakan seragam pramuka. Sedangkan anak usia dini menggunakan kaos olahraga dari masing-masing PAUD.

Rata-rata pelajar memegang buku bacaan, mulai buku pelajaran hingga biografi milik pesepakbola dunia yang bermain di Liga Spanyol, Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pelajar duduk di sepanjang siring Tepian Sungai Kayan, mulai dari Tugu Cinta Damai (TCD) sampai dekat Pelabuhan penyeberangan Salimbatu.

Kegiatan untuk memperingati Hari Buku Sedunia setiap tahunnya pada 23 April. Dengan melibatkan seluruh pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Bulungan, diperkirakan mencapai ribuan siswa. Pelaksanaan itu merupakan gawean Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemerintahan Kabupaten Bulungan bekerjasama Dinas Pendidikan (Disdik) Bulungan.

Perlu menggiatkan membaca di kalangan pelajar, karena minat membaca saat ini berkurang. Meskipun sudah ada perpustakaan yang menyediakan berbagai jenis bacaan, baik diperuntukkan pelajar maupun masyarakat umum.

Dimulai Pukul 08.30 Wita, seluruh pelajar mulai membaca, ditandai dengan bunyi sirene yang dilakukan. Pelajar diberikan waktu 30 menit untuk membaca. Pantuan media ini saat berada di Tepian Sungai Kayan, beberapa pelajar serius membaca. Bila tingkat SMA/SMK membaca sembari duduk di siring. Lain halnya bagi siswa jenjang PAUD dan SD yang memilih duduk melantai di pedestrian.

Dengan berjejer rapi saling berhadapan dan duduk bersila, pelajar menghadap buku bacaan. Meskipun cuaca pagi itu sangat terik, tapi tak menyurutkan pelajar untuk membaca. Buku merupakan sumber ilmu bagi siapapun yang membaca. Dengan membaca buku bisa menambah wawasan, terutama dalam dunia pendidikan.

Agar tidak berjubel, pelajar diatur sesuai tingkatan dan sekolah masing-masing yang telah dipersiapkan panitia pelaksana. Bahkan terpasang spanduk kecil di sepanjang Tepian Sungai Kayan dari masing-masing sekolah. Selain sekolah dari Kecamatan Tanjung Selor, peringatan Hari Buku Sedunia dengan membaca juga digelar di Kecamatan Tanjung Palas. Dengan waktu berlangsung secara bersamaan.

“Berharap melalui peringatan Hari Buku Sedunia, ini bisa menjadikan motivasi bagi kita untuk lebih meningkatkan minat membaca. Karena dengan membaca kita bisa membuka jendela dunia menambah wawasan,” kata salah seorang pelajar SMPN 6 Tanjung Selor.

Senada diungkapkan Kepala Sekolah TK Pembina 001 Tanjung Selor Sri Eka yang mendampingi anak didiknya. “Membaca buku perlu dilakukan sejak usia dini. Kita perlu memberikan pemahaman dan pengajaran kepada anak didik untuk menggiatkan membaca,” ungkapnya.

Sri mengakui tidak membawa semua anak didiknya dalam kegiatan ini. Setidaknya banyak hal yang diperoleh anak-anak dengan kegiatan positif ini. Tepat pukul 09.00 Wita seluruh pelajar berhenti membaca dan membubarkan diri masing-masing.

Pada kesempatan itu pula, Ketua DPRD Bulungan Syarwani memberikan apresiasi atas pelaksanaan membaca buku yang digagas kantor perpustakaan. Syarwani mengatakan, kegiatan seperti harus terus dilaksanakan. Termasuk pada momen-momen lainnya, agar minat baca ini lebih ditingkatkan.

“Kita selaku DPRD Bulungan memberikan dorongan bagi dinas terkait lainnya yang bisa melaksanakan kegiatan serupa,” jelas Politisi Partai Golkar ini di sela-sela memantau pelajar yang sedang membaca. Jika kunjungan pelajar maupun masyarakat ke perpustakaan tinggi, maka bisa dilihat tingkat kualitas sumber daya manusia.

Apalagi saat ini posisi Indonesia untuk indeks pembangunan manusia (IPM) berada di peringkat ratusan. Dengan menggiatkan membaca dan diterapkan di dunia pendidikan maupun instansi, maka peringkat tersebut bisa merangkak naik. Momen membaca ini berdampak terhadap peningkatan IPM dan sumber daya manusia.

Syarwani pun menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan pelajar dan guru didik yang mendampingi. Dapat berfoto bersama dengan Ketua DPRD Bulungan tentu merupakan momen langka yang bisa ditemui anak dan guru didik.

Sumber: bulungan.prokal.co

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s