Nuansa Digital di Perpustakaan Unik dan Megah di Bumi Lancang Kuning

Pekanbaru – Jika Anda melintas di jalan protokol di Pekanbaru, maka akan terlihat sebuah bangunan megah dengan tiang-tiang menjulang tinggi. Itulah bangunan gedung Perpustakaan Soeman Hasibuan milik Pemprov Riau, perpustakaan megah di provinsi yang terkenal dengan sebutan Bumi Lancang Kuning ini.

Gedung Perpustakaan Soeman Hs ini berada di Jl Sudirman, Pekanbaru persis di sebelah Kantor Gubernur Riau. Dua gedung ini terpisahkan oleh jalan Cut Nyak Dien.

Gedung Soeman HS memiliki bentuk yang unik bak meja untuk baca Alquran. Bisa juga bila dilihat dari kejauhan seperti buku yang terbuka. Gedung ini memiliki 5 lantai, dari lantai dasar sampai 3 merupakan ruang baca untuk pengunjung. Seluruh ruangan dimanjakan dengan diinginkan AC yang membuat betah pengunjung untuk menimbal ilmu di sana.

Foto: Chaidir AT/detikcom

Setiap ruangan juga transparan dengan kaca nako. Sehingga pengunjung bisa tetap melihat ke luar dengan bebasnya dari dalam ruangan.

Rak-rak buku tersusun rapi. Ada petugas jaga di setiap ruangan. Sistem pencarian buka juga sudah digital. Pengunjung tinggal pesan buku yang akan dibaca dan disebutkan judulnya ke petugas jaga. Nantinya dengan sistem komputerisasi, judul buku akan muncul. Untuk buku yang belum tersedia, tentunya tidak akan muncul.

Bangunan perpustakaan ini merupakan peninggalan Gubernur Riau di zaman Rusli Zainal dan diresmikan pada tahun 2008 silam. Di perpustakaan ini, tersedia 323.448 judul buku. Mulai buku agama, kebudayaan melayu, fisika, biologi, hukum, kesehatan dan lain sebagainya. Saban hari jumlah pengunjung antara 800 sampai 1.000 orang.

Perpustakaan ini tercatat sebagai perpustakaan termegah di Indonesia karena fasilitasnya yang sangat modern. Tidak hanya buku saja yang tersaji di sana. Pemprov Riau juga menyediakan fasilitas internet gratis untuk pengunjung.

Foto: Chaidir AT/detikcom

Pengunjung akan dimanjakan dengan istilah e-Kios sebuah komputer yang tersedia jaringan internet secara gratis. Fasilitas ini tersaji dari lantai dasar sampai lantai 3. Pengunjung dengan bebas menggunakan fasilitas tersebut.

“Kami menyediakan 50 unit  e-Kios untuk pengunjung. Fasilitas internet gratis ini saban hari dipergunakan pengunjung,” kata Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Provinsi Riau, Yose Rizal Zein, kepada detikcom, Senin (18/4/2016).

Yose menyebutkan, fasilitas e-Kios ini sudah ada sejak tahun 2013. Fasilitas internet sekaligus sarana komputer ini diberikan secara gratis sebagai penunjang.

“Selain itu kita menyediakan Wi-Fi. Untuk Wi-Fi kami hanya menyediakan peralatannya saja, namun untuk kuota penggunaan Wi-Fi kita serahkan ke pengunjung sendiri,” kata Yose.

Foto: Chaidir AT/detikcom

Pengamatan detikcom, fasilitas e-Kios terlihat dengan bebas dipergunakan pengunjung. Mulai dari pelajar setingkat SD, mahasiswa sampai masyarakat umum.

Seorang pengunjung mengaku merasa betah berlama-lama di sana. Selain ruangan yang sejuk yang membuat betah, tentunya ditambah fasilitas e-Kios secara gratisan tanpa batas.

“Kalau kita sudah selesai membaca buku, kita pun bertukar main internetan secara gratis. Kita bebas untuk menggunakannya. Tapi kadang antre juga,” kata Ramadan (20), mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Pekanbaru.

Foto: Chaidir AT/detikcom

Jika dilihat dari udara, lanskap perpustakaan terlihat cukup menonjol. Ini bisa disaksikan di Ekspedisi Elang Nusantara secara live. Ekspedisi selama sebulan penuh ini diinisiasi Telkomsel. Dua drone diterbangkan dari Indonesia Barat dan Timur. Hari ini,  Rabu (20/4/2016), drone berada di Pekanbaru Riau.

Sumber: detik.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s