Meningkatkan Budaya Membaca Melalui Karnaval

Oleh: Rifka khairiah

DALAM rangka memeriahkan Dies Natalies atau hari jadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang ke-33 seluruh Himpunan mahasiswa FKIP Untan berlomba-lomba untuk mempersiapkan karnaval. Seperti salah satu himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan yang sangat antusias menyambut acara ini. Dengan karnaval ini diharapkan dapat memotivasi kepada masyarakat maupun para mahasiswa akan pentingnya membaca. Melalui Dies Natalis FKIP Untan membangun budaya membaca di Kalbar.

Sikap acuh tak acuh terhadap budaya membaca membuat kita tak bisa bangkit dari keterpurukan dan ketertinggalan dari bangsa luar yang terus maju. Lihat saja kemarin ketika pelaksanaan UN banyak oknum-oknum yang berusaha ingin mendapatkan nilai terbaik namun sayang caranya salah. Mereka rela mengeluarkan uang banyak hanya demi mendapat angka tinggi yang akan tertulis di ijazahnya. Tahukah mereka bahwa itu akibat dari kurangnya membaca buku-buku pelajaran sekolah, banyak dari mereka hanya mengandalkan kunci jawaban yang tak pasti kebenarannya.

Entah sampai kapan budaya mencontek ini akan berakhir dan akan berubah menjadi budaya membaca. Banyak orang beralasan tak punya banyak waktu untuk membaca dengan alasan sibuk bekerja dan lain-lain. Membaca tak butuh waktu banyak, cukup menyempatkan barangkali lima menit sehari. Dan membaca tak harus memiliki buku banyak, cukup dengan meminjam di perpustakaan. Jikalau tak ada waktu untuk mampir ke Perpustakaan cukup dengan membaca lewat online. Kalaupun tak memiliki jaringan internet atau tak memiliki fasilitas untuk mengakses internet bisa meminjam dengan teman. Intinya dalam sehari itu harus membaca walau sebentar karena dengan membaca kita dapat melatih kerja otak dan juga dapat menambah wawasan pengetahuan kita.

Maka dari itu penulis dan teman-teman prodi ilmu perpustakaan sangat mengapresiasi kegiatan karnaval guna ingin mengajak masyarakat, baik masyarakat yang ada di lingkungan kampus maupun yang tidak berada di lingkungan kampus.

Mari kita sama-sama membangun budaya membaca di Kalbar. Mari kita hidupkan lagi perpustakaan-perpustakaan di Kalbar.

Mahasiswa D3-Perpustakaan, FKIP Universitas Tanjungpura

Sumber: pontianakpost.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s