Mantan TKW Ini Dirikan Rumah Baca Gratis untuk Anak

Istana Rumbia, demikian nama yang disematkan oleh Siti Mariam Ghozali alias Maria Bo Niak, untuk rumah baca miliknya di Desa Lipursari Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Ruang sederhana dengan berukuran luas 5×8 meter ini memang menyimpan ratusan buku bacaan. Setiap hari dan sudah berlangsung selama 10 tahun, Istana Rumbia pun tak pernah sepi dari pengunjung.

Maria, dahulunya merupakan mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW). Bertahun di negeri orang membuatnya tergelitik untuk membuat sesuatu yang abadi di desanya.

Sebab itu, Maria pun memulainya dengan membuat taman baca gratis untuk seluruh warga desanya. “Tahun 2006 didirikan. Dan semua buku disini boleh dibaca gratis,” ujar Maria, Rabu 20 April 2016.

Menurut Maria, rumah baca gratis itu digagasnya dari sebuah ide sederhana. Ia hanya hendak agar seluruh anak di desanya bisa membuka mata lewat buku.

“Lewat membaca itu bisa mengetahui isi dunia. Sebab itu, saya ingin semua orang membaca,” katanya.

Kini, Istana Rumbia tidak hanya menyediakan bacaan gratis. Namun juga sudah menjadi wadah bermain sambil belajar anak di Desa Lipursari.

Tak cuma itu, Maria yang juga memiliki bakat menulis, juga menularkan kepiawaiannya membuat tulisan kepada anak-anak desa. “Kami sendang disini. Kami bisa membaca sepuasnya, dan belajar banyak hal,” kata Taji Dhorifah, siswa sekolah dasar setempat yang bermain di Istana Rumbia.

Sumber: viva.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s