Aduh..!! Indonesia Krisis Budaya Membaca

SAMARINDA – Meningkatkan budaya membaca, menulis, dan menyerap bahasa daerah menjadi bahasa nasional, jadi pekerjaan baru Kantor Bahasa Kaltim. Mereka ingin menjadikan Kaltim sebagai provinsi literasi.

Kepala Kantor Bahasa Kaltim Imam Budi Utomo mengatakan telah mengusahakan berbagai cara yang sudah mereka lakukan, seperti sosialisasi dan seminar. Menurut dia, hal tersebut sudah sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Dalam permendikbud tersebut, tercantum aturan kegiatan membaca buku non pelajaran sekitar 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai di sekolah. Dia berharap, budaya literasi bisa mengakar di benak warga Kaltim. Puncaknya, bermunculan karya yang bermanfaat bagi publik.

Dia menjelaskan, minat baca warga Indonesia sangat memprihatinkan. Indonesia menjadi negara kedua terbawah dari 61 negara ASEAN dalam urusan budaya membaca.  Terdekat, mereka akan menggelar seminar untuk mewujudkan Kaltim sebagai provinsi literasi, 26 April di Kantor Gubernur Kaltim.

Ada sejumlah narasumber berkompeten yang hadir dalam seminar tersebut. Seperti Prof Dr Suminto A Sayuti (Rektor Universitas Negeri Yogyakarta), Prof Dadang, dan Tendi K Somantri (ketua Forum Bahasa Media Massa).

“Ada juga pemateri dari Kaltim, yakni Ketua Hiski (Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia) Komisariat Kaltim Mursalim yang akan mengupas aspek pengajaran bahasa,” katanya. Selain itu, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Samarinda Asli Nuryadin dan Dr Surya Sili yang akan membahas dari aspek kajian teoretis.

Sumber: kaltim.prokal.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s