Ryuji Utomo, Bek Arema yang Hobi Baca Buku

Banyak cara yang dilakukan pesepakbola saat libur latihan. Membaca buku adalah kegiatan yang dipilih bek Arema Cronus, Ryuji Utomo untuk mengisi waktu senggangnya.

Apalagi pesepakbola 20 tahun itu saat ini tidak tinggal di mess bersama para pemain Arema lainnya. Sebab, Ryuji mengaku lebih nyaman tinggal di rumahnya.

Saat berada di rumah, mantan pemain tim nasional (Timnas) U-19 Indonesia itu memilih banyak membaca buku. Itu karena Ryuji sadar bahwa menjadi pesepakbola itu jangan hanya mahir mengolah si kulit bundar, tapi pengetahuannya juga harus ditingkatkan.

“Ya sehari-hari paling saya lebih banyak istirahat. Terus ya paling baca buku,” ujar Ryuji saat dihubungi Bola.net, Sabtu (16/4).

Hobi Ryuji membaca buku sudah dilakukannya sejak kecil. Bahkan bek keturunan Jepang itu hingga saat ini memiliki banyak koleksi buku di rumahnya.

“Koleksi buku saya banyak, gak kehitung,” tutur Ryuji.

Lebih lanjut, pesepakbola asal Jakarta itu  mengaku tidak terpaku dengan satu jenis buku. Sebab, buku apapun menjadi santapan Ryuji.

“Ya macem-macem sih. Kalau sekarang lagi baca The Urban Monk nya Pedram Shojai,” ungkap Ryuji.

Ryuji menjadi salah satu pemain Singo Edan yang dipersiapkan pelatih Milomir Seslija untuk Indonesia Soccer Championship (ISC) musim ini. Sebelum mengarungi kompetisi tanpa promosi dan degradasi itu, Ryuji harus mengikuti beberapa kali uji coba.

Sumber : bola.net

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s