Penerbit Inggris Tertarik pada Buku Islam dari Indonesia

Siapa bilang buku tentang Islam hanya menarik bagi negara Muslim? Buku-buku Indonesia yang bertemakan Islam justru menjadi incaran bagi penerbit Inggris.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com, buku berjudul Islam, The Message of Love and Happiness termasuk salah satu yang hak ciptanya dibeli oleh salah satu penerbit Inggris.

Transaksi jual beli hak cipta telah terjadi di London Book Fair 2016, yang tahun ini diselenggarakan pada 12 hingga 14 April. Itu bahkan menjadi buku Indonesia pertama yang terjual ke penerbit Inggris dalam ajang tahun ini.

Islam, The Message of Love and Happiness merupakan sebuah buku karya intelektual muslim Indonesia, Haidar Bagir.

Siti Gretiani, Koordinator Promosi Literasi dari Komite Buku Nasional mengatakan dalam keterangan persnya, “Tema-tema Islam ternyata memiliki pasar yang cukup besar di Inggris.”

Bukan hanya terlihat dari terjualnya hak cipta Islam, The Message of Love and Happiness. Siti juga melihat banyak penerbit buku Islam dari berbagai negara yang hadir di “pasar” internasional itu.

Hari pertama London Book Fair 2016, Indonesia berhasil menjual hak cipta bagi 12 buku, kebanyakan tentang panduan dan percakapan sehari-hari bahasa asing.

Hari ke-dua, selain buku bertema agama Indonesia juga berhasil menjual buku yang sedang tren belakangan ini, yakni seri mewarnai yang rumit untuk dewasa.

Buku dari Indonesia yang terjual adalah Anti Stress: Art Therapy: Travel Size: Bali-Coloring Book Bali karya IBG Wiraga. Bagi pasar Inggris, buku itu dianggap unik. Tidak hanya sesuai tren, buku itu juga menampilkan budaya Bali dan disuguhkan dalam ukuran traveling.

Indonesia yang menjadi Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair tahun lalu, juga mendapat kesempatan mengisi Insight Program, Rabu (13/4). Dalam kesempatan itu, Indonesia menyampaikan tema Islands of Opportunity, bicara soal potensi.

Laura Prinsloo, Ketua Komite Buku Nasional yang menjadi salah satu pengisi sesi memaparkan betapa potensi literasi Indonesia begitu besar, mengingat ia punya 250 juta penduduk di belasan ribu pulau.

“Bisa dibayangkan betapa banyak imajinasi yang tercipta dari setiap tempat itu,” ujarnya penuh motivasi.

Laura mengakui, secara minat baca Indonesia memang masih rendah. Namun itu akan terus digenjot, salah satunya dengan program membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai bagi siswa.

Masalah dunia perbukuan di Indonesia yang lain disampaikan Wandi S. Brata, Direktur Utama Gramedia Publishing Group. Menurutnya, wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke kadang menyulitkan distribusi.

Untuk itu, Indonesia butuh pembangunan infrastruktur yang memadai. “Pembangunan infrastruktur ini yang menjadi prioritas Presiden Joko Widodo,” katanya.

Sumber: cnnindonesia.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s