Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur

Tidak hanya akan membuat tidur Anda terasa nyenyak, ternyata ada beberapa manfaat lain yang didapatkan dari membaca buku sebelum tidur. Apa saja ya manfaatnya? Yuk, simak penjelasan dari Cosmo berikut ini!

Mengatasi Insomnia

Membaca buku sebelum tidur dapat membuat pikiran lebih relaks dan membantu seseorang lebih cepat mengantuk, sehingga mereka akan terhindar dari insomnia atau kesulitan untuk tidur.

Melepaskan Stres

Sebuah penelitian di University of Sussex menemukan bahwa membaca buku selama enam menit akan mengurangi stres sebanyak 68% jika dibandingkan dengan mendengarkan musik atau minum teh. Maka, membaca buku di malam hari sebelum tidur dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan pikiran setelah melakukan pekerjaan yang padat dan menghadapi kebisingan di jalanan.

Mengurangi Rasa Cemas

Memikirkan tugas dan pekerjaan yang menggunung seringkali menjadi penyebab seseorang merasa cemas dan depresi ringan. Untuk mengatasinya, para dokter di Inggris menyarankan untuk membaca buku sebelum tidur agar fokus seseorang dapat teralihkan secara positif pada apa yang mereka baca.

Meningkatkan Fungsi Otak

Pada saat membaca, otak akan bekerja secara aktif dan dituntut untuk bekerja lebih. Hal ini akan membuat kemampuan berpikir seseorang menjadi lebih tajam dan cerdas. Selain itu, membaca buku sebelum tidur mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi secara teratur.

Sumber: cosmopolitan.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s