Perpusling RBP Kranji Kunjungi SLBN Wiradesa

WIRADESA – Pihak Perpustakaan Rumah Baca Pintar (RBP) Kranji, melalui kegiatan Perpustakaan kelilingnya (Perpusling) melakukan kunjungan ke SLBN Wiradesa pada Jumat (8/4). Kegiatan diikuti sekitar 200 siswa siswi SLBN Wiradesa usia SMP-SMA dan didampingi oleh teman-teman relawan Rumah Baca Pintar.

MEMBERI ARAHAN – Salah satu relawan RBP Kranji, Laily Rufaidah memberi arahan kepada siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan Perpusling di SLBN Wiradesa pada Jumat pagi (8/4).

“Suasana SLBN Wiradesa tidak seperti hari biasanya. Sebab, hari itu tampak lebih meriah dan ramai karena kegiatan perpusling dari Rumah Baca Pintar Kranji,” terang salah satu relawan RBP, Haibani Ebidzar.

Kegiatan Perpusling RBP, lanjut dia, memilki konsep persuasif dan entertaining, yaitu mengajak mencintai buku dengan cara menyenangkan, seperti permainan, nonton film, story telling, drama.

Siswa-siswi SLBN Wiradesa yang terdiri dari SMP dan SMA ikut antusias memanfaatkan kesempatan untuk membaca, bermain dan berkenalan dengan teman-teman baru. Salah satunya adalah Zahra, siswi tuna rungu yang merasa sangat senang karena bisa membaca banyak buku, “Saya senang bisa membaca buku yang bagus-bagus,” ujar Zahra.

Sementara itu, pimpinan Rumah Baca Pintar Kranji, Nurfina mengungkapkan, Perpusling merupakan salah satu kegiatan rutin setiap satu bulan sekali yang digerakkan oleh teman-teman relawan Rumah Baca Pintar.

Melalui kegiatan ini RBP mengunjungi beberapa desa yang jauh dari akses buku bacaan, dengan tujuan memperluas manfaat dan berbagi pengalaman dengan siapapun yang mempunyai minat terhadap buku.

“Kegiatan ini gratis dan membuka seluas-luasnya kepada desa atau sekolah yang ingin dikunjungi oleh perpusling,” terang Nurfina.

Kepala SLB N Wiradesa, Nurhadi mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi semangat literasi yang digiatkan oleh teman-teman relawan dalam membangkitkan minat baca, khususnya siswa-siswi berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa yang memiliki keterbatasan akses dan kesempatan mendapatkan hak baca serta pelayanan publik dengan baik.

Sumber: radarpekalongan.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s