Gemar Membaca Antarkan Eko Jawara Menulis Ombudsman

MENULIS adalah seni untuk menghasilkan karya. Sepenggal kalimat inilah yang menjadi pegangan sekaligus pemicu Muhammad Eko Prasetyo sebagai penulis dan mengantarkannya meraih juara I dalam lomba kajian tentang Ombudsman yang digelar Himpunan Mahasiswa Hukum Tata Negara (Hima HTN) Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Ombudsman RI Perwakilan Lampung, baru-baru ini.

Pria kelahiran Poncowarno, Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah, ini mengaku mulai menulis sejak duduk di bangku perguruan tinggi. Berawal dari kegemarannya membaca buku dari berbagai referensi, tanpa sadar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung ini mulai kepincut ke dunia menulis.

“Ketika membaca kok bisa ya ada tulisan kaya begini. Melihat hal itu, salah berpikir enggak ada salahnya untuk mencoba menulis. Setelah dicoba lama-lama jadi suka,” kata dia, baru-baru ini.

Apalagi menulis menuntut kita berpikir kritis, membuat pria kalem ini pun semakin keranjingan menulis.

“Berbeda dengan diskusi membutuhkan berpikir langsung dan bisa kita ucapkan. Sedangkan menulis merupakan seni yang indah yang dicuatkan dalam sebuah tulisan.”

Menulis dapat melatih pola pikir untuk mampu berpikir kritis dan jeli dalam melihat kebijakan-kebijakan yang diambil oleh para penguasa negeri. Di situlah ruang untuknya membuat suatu tulisan. Apalagi Eko merupakan mahasiswa yang notabenenya merupakan kaum intelektual yang harus berkarya melalui karya ilmiah. “Mungkin menurut orang lain karya tulisan itu kecil, tapi menurut saya itu karya yang luar biasa,” kata pria yang akrab dipanggil Eko ini.

Kegemarannya menulis semakin menjadi-jadi. Akhirnya, pria kelahiran 1 November 1993 ini pun memberanikan diri untuk mencoba membuat karya tulis ilmiah bertema Strategi pengawasan dan peningkatan pelayanan publik yang berkualitas. Karya tulis ilmiah itu pun langsung diikutsertakan dalam lomba yang digelar Hima HTN Fakultas Hukum Unila bekerja sama dengan Ombudsman RI Perwakilan Lampung.

Eko menulis kajian tentang Ombudsman berawal dari ketertarikannya dengan apa yang telah dipelajarinya di bangku kuliah. Ia pun menulis kajian tentang Ombudsman. “Di kampus, saya belajar mengenai kebijakan tentang Ombudsman dan ada representasinya,” ujarnya.

Ketika mengikuti lomba tersebut, ia tidak mengharapkan hasil dengan juara sekian-sekian. Namun, tidak diduga ternyata karyanya tersebut berhasil meraih juara I dengan mengalahkan 130 peserta yang rata-rata merupakan mahasiwa Fakultas Hukum. Baginya prestasi ini hanyalah sebagai bonus.

Prestasi ini pun sebagai pelecut semangat bagi pemilik cita-cita sebagai pengusaha ini untuk terus menggali kemampuannya dengan mengikuti berbagai lomba menulis. Salah satunya lomba menulis esai tingkat nasional yang diadakan Unila dan berhasil mendapatkan predikat 10 besar. Ia bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa perguruan tinggi favorit di Indonesia.

Menulis membukakan peluang itu juga dirasakan lelaki pemilik hobi basket ini. Saat mengikuti suatu workshop nasional bertemakan perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan yang diadakan di Jakarta sebagai syarat membuat esai.

BIODATA

Nama : Muhammad Eko Prasetyo
Kelahiran : Poncowarno, 1 November 1993
Alamat : Jalan Raya Poncowarno, RT 001/RW 009, Kalirejo, Lampung Tengah
Alamat Indekos : Jalan Bumi Manti II Gang M Said No. 129 , Kampung Baru, Kedaton
Hobi : Olahraga, diskusi, menulis, travelling, membaca

Pendidikan :
SD Negeri 1 Poncowarno
SMP Negeri 1 Kalirejo
SMA Negeri 1 Kalirejo
Universitas Lampung

Riwayat Organisasi :
Pramuka SMP Negeri 1 Kalirejo
Basket SMA Negeri 1 Kalirejo
Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (Himagara)
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) U KBM Unila
Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FISIP Unila
Dewan Pengurus Daerah Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (DPD KAKPN) Lampung

Prestasi : Peserta Kapal Pemuda Nusantara Sail Tomini 2015

Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) se-Provinsi Lampung

Sumber: lampost.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s