Membaca Buku, Menatap Dunia

Pepatah mengatakan, buku adalah jendela dunia. Jika ingin melihat dunia, maka membaca buku bisa menjadi salah satu caranya.

Tidak heran, melalui buku kita memang bisa mengetahui banyak pengetahuan, termasuk kondisi tempat dan negara yang selama ini belum kita kunjungi secara langsung.

Sayangnya, minat baca di Tanah Air masih rendah. Karena itu, Pemerintah Indonesia pun menggalakkan berbagai program demi mendongkrak minat baca; mulai dari mendirikan taman bacaan di berbagai tempat umum seperti mal, hingga menggelar program 15 menit membaca setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai di sekolah.

Alumnus Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) on Civic Engagement pada 2013 lalu, Robinson Sinurat, menilai, kebiasaan membaca di berbagai negara asing sudah amat baik. Hal ini dia dapati dari pengalamannya mengunjungi berbagai negara sebagai perwakilan Indonesia di beragam kegiatan kepemudaan internasional.

“Biasanya, sedari kecil anak-anak di berbagai negara itu sudah dibiasakan membaca. Sehingga pola pikir mereka pun beda. Sedangkan di Indonesia, jika seorang anak tidak mau baca, ya sudah, tidak dipaksa,” papar Obin, demikian dia biasa disapa, ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Bagi cowok kelahiran 20 Juli 1990 ini, membangun kebiasaan membaca tidaklah sulit. Bahkan, bisa dimulai dengan sesuatu yang sederhana. Terlebih lagi, ada banyak banyak pilihan buku yang bisa dibaca.

Ketiadaan waktu untuk membaca, ujar Obin, bisa jadi hanya alasan. Padahal, membaca dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

“Apalagi kan sekarang juga ada buku digital, jadi lebih efisien kita baca buku di mana pun. Kalau mau baca buku konvensional juga bisa, pilih buku-buku yang memang disenangi,” ucap sarjana lulusan Universitas Sriwijaya (Unsri) tersebut.

Sumber: okezone.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s