Siswa Butuh Literasi Informasi dari Perpustakaan Sekolah

SLEMAN – Kebanyakan perpustakaan sekolah masih melakukan kegiatan yang seadanya, seperti peminjaman dan pengembalian buku.

Hal tersebut yang disampaikan Kepala Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Anastasia Trisusiati MA, Selasa (19/1/2016).

Wanita yang akrab disapa Susi tersebut mengimbuhkan, bahwa terkadang pengelola perpustakaan tidak tahu harus bagaimana menjalankan sebuah perpustakaan sekolah, karena kebanyakan masih diampu oleh guru.

 Bukan murni dikelola oleh para pustakawan. Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasan SDM dan juga anggaran di masing-masing sekolah.

“Para pustakawan itu kan menempuh sekolah formal perpustakaan. Ada ilmunya tentang cara mengembangkan minat baca anak-anak dan juga cara agar menarik minat mereka untuk mau berkunjung ke perpustakaan,” beber wanita yang sejak 2011 sudah menjabat sebagai Kepala Perpustakaan UAJY tersebut.

Pada abad 21 ini, imbuhnya, siswa sangat membutuhkan adanya literasi informasi.

Hal yang menjadi tujuan mereka saat berkunjung ke perpustakaan bukan lagi untuk mendapat buku, tapi untuk mendapatkan informasi.

Maka dari itu, perlu adanya pustakawan yang mengarahkan mereka tentang sumber terpercaya dari internet yang bisa dijadikan rujukan.

¬†“Kalau mereka dapat tugas sekolah, mereka bisa mencari di Google. Sebenarnya ada peran pustakawan di sana, yakni mengarahkan. Misalkan memberi tahu jika boleh cari di google tapi yang sumbernya resmi. Kalau di perguruan tinggi sudah ada. Sebenarnya di perpustakaan sekolah juga sudah ada, tapi belum merata,” ungkapnya.

Ia berharap, sekolah swasta Katolik se-DIY ini nantinya bisa berjejaring dan membentuk wadah melalui Asosiasi Perpustakaan Sekolah Katolik DIY, mengupayakan agar setiap perpustakaan sekolah Katolik di DIY mengembangkan perpustakaan sekolah sesuai dengan standar nasional, mendukung dan satu upaya khusus untuk menurunkan gap yang terjadi pada perpustakaan sekolah Katolik di DIY.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s