Perpustakaan Unand Akhirnya Genggam Akreditasi A

Setelah sukses mencapai akreditasi A, kini Universitas Andalas (Unand) kembali berbangga dengan mendapatkan akreditasi A untuk penilaian perpustakaan. Dalam penilaian akreditasi tersebut, ada beberapa syarat dan komponen yang harus dipenuhi.

Ditemui di sela kesibukan sebagai Kepala Perpustakaan, Azral membenarkan hal ini. “Dalam mencapai akreditasi A, ada sembilan komponen yang harus dipenuhi perpustakaan Unand. Diantaranya pelayanan, kerjasama dengan perpustakaan lain, koleksi buku, pengelompokan buku, sumber daya manusia, fasilitas, anggaran, tata kelola, dan perawatan buku,” paparnya saat ditemui di Ruangan Kepala Perpustakaan, Senin (18/1).

Sebagai upaya pembenahan perpustakaan, lebih lanjut Azral mengatakan akan menambah koleksi buku dan koleksi digital. “Saat ini kami sedang merencanakan menambah beberapa koleksi buku baru. Mahasiswa maupun dosen dapat merekomendasikannya melalui situs pustaka.unand.ac.id. Kemudian, kami juga menambahkan beberapa koleksi digital yang sudah dianggarkan sekitar 3,6 Milyar,” ungkapnya.

Terkait pelayanan dan infrasutruktur perpustakaan Unand, Dina, salah seorang mahasiswa Akuntansi mengatakan sudah puas, namun beberapa hal masih perlu ditingkatkan lagi. “Perpustakaan sekarang sudah bagus dan saya puas. Koleksi buku-buku dan skripsi sebaiknya lebih dibenahi lagi,” ujarnya.

Disinggung mengenai koleksi buku yang sudah lama dan rusak, Azral mengatakan akan melakukan penyisihan terhadap buku–buku tersebut. “Buku–buku rusak yang masih bisa digunakan, seperti rusak dan berjamur, akan diperbaiki dan dilakukan sterilisasi terhadap jamur. Kemudian, untuk buku–buku lama yang sudah tidak terpakai lagi akan disimpan di gudang, selanjutnya akan diberikan kepada pihak yang membutuhkan,” ujarnya.

Mengingat perpustakaan sudah berakrediasi A, Azral berharap minat baca mahasiswa dan dosen, serta intensitas kunjungan dan transaksi semakin meningkat. “Rencananya, bagi mahasiswa yang sering melakukan transaksi akan diberikan penghargaan. Namun itu masih rencana,” tutupnya. (Fanny, Wita)

Sumber: gentaandalas.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s