Minat Baca Masyarakat Terus Meningkat

KEPANJEN – Ada tren positif menyangkut minat baca warga Kabupaten Malang. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari lonjakan kunjungan ke perpustakaan daerah. Dibandingkan tahun 2014, jumlah pengunjung tahun 2015 lalu meningkat hingga dua kali lipatnya.

Endang Retnowati, Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Malang menyatakan, jumlah pengunjung tahun 2014 sebanyak 22.200 orang. Sementara tahun 2015 lalu meningkat pesat menjadi 43.729 pengunjung. ”Memang ada peningkatan dari sisi jumlah pengunjung,” terangnya.

Ia menjelaskan, lonjakan pengunjung ke perpustakaan daerah juga dibarengi dengan optimalnya program mobil perpustakaan keliling yang sudah beroperasi tahun lalu. Mobil perpustakaan ini merupakan program jemput bola kepada masyarakat , yakni mendekatkan buku lebih dekat kepada masyarakat di 33 kecamatan. ”Peningkatan jumlah kunjungan tersebut belum termasuk program mobil perpusatakaan,” tambahnya.

Endang menyatakan, perpustakaan daerah tidak menyediakan buku kurikulum yang disediakan oleh sekolah. Buku yang disediakan biasanya tentang ilmu kesehatan, pertanian, ekonomi dan beberapa buku fiksi dan nonfiksi. Hal ini sengaja, karena   digunakan untuk membedakan dengan apa yang disediakan oleh sekolah – sekolah di wilayah kabupaten. “Ketersediaan buku memang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat wilayah kabupaten khususnya Kepanjen,” tambahnya. Dia juga menjelaskan tentu program pengembangan perpustakaan desa berbeda dengan perpustakaan kota dilihat dari sudut pandang budaya dan potensi ekonomi.

Tidak hanya itu, program terjun ke lapangan merupakan salah satu faktor yang mendasar hingga akhirnya kuota pengunjung mampu menembus angka 50 ribu dalam jangka waktu setahun. Endang menyebutkan penambahan anggaran belanja buku juga membuat koleksi buku bertambah banyak.” Sudah ada 22.881 buku yang ada di perpustakaan kabupaten tersebut.” ujarnya. Menurutnya, kini perpustakaan mulai berbenah dengan fasilitas dan sarana yang dibutuhkan masyarakat, salah satunya sarana Wifi.

Tidak hanya itu, penyuluhan ke beberapa desa juga dilaksanakan secara bergiliran agar bisa menumbuh kembangkan semangat baca di kalangan masyarakat.(dia/nay)

Sumber: radarmalang.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s