5 Perpustakaan dengan Arsitektur Terindah di Dunia

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa buku adalah jendela dunia. Tak heran jika banyak orang gemar menghabiskan waktu mereka untuk berkutat di perpustakaan.

Deretan koleksi buku-buku yang lengkap, ditunjang dengan fasilitas yang nyaman akan membuat para ‘kutu buku’ semakin betah berada seharian di perpustakan.

Seperti beberapa perpustakaan di bawah ini. Selain memiliki daftar koleksi buku yang lengkap, bangunan perpustakan-perpustakaan ini didesain dengan eksterior yang bernilai seni tinggi sehingga menghasilkan arsitektur yang menakjubkan.

1. Perpustakaan Umum Stockholm

Perpustakaan yang terletak di Swedia ini dirancang seorang arsitek bernama Gunnar Asplund.

Karya Asplund lainnya yang juga sangat terkenal yaitu bisokop Skandia dan pemakaman Woodland yang terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO.

Perpustakaan ini memiliki aula utama berbentuk bulat. Serta memiliki buku dalam setiap bahasa Nordic. Sedangkan bagian atap dirancang menyerupai tekstur yang terlihat seperti awan.

2. Perpustakaan Strahov Monastery

Bangunan ini terletak di Republik Ceko dan mulai dibangun pada tahun 1143.

Kemudian terjadi perang, kebakaran dan bencana lainnya yang membuat pembangunan perpustakaan tertunda. Hingga akhirnya diputuskan untuk melanjutkan pembangunan pada tahun 1679.

Fitur yang paling dikenal di perpustakaan ini adalah konstruksi langit-langit yang luar biasa. Seperti sebuah lukisan dinding yang menggabambarkan isi alkitab.

Lalu, terdapat kompilasi roda yang dapat mengubah dan memutar rak buku. Sehingga membuat buku-buku lebih mudah ditemukan tanpa harus mencari satu persatu di antara deretan buku-buku lainnya.

3. Perpustakaan Pusat Richard J. Riordan

Perpustakaan ini adalah milik masyarakat Los Angeles, California. Perpustakaan ini merupakan salah satu bangunan paling penting di pusat kota Los Angeles.

Bagian luar perpustakaan ini adalah contoh desain Art Deco. Sedangkan bagian dalam adalah rotunda elegan dengan lampu-lampu perunggu yang tergantung di tengah.

Sedangkan bagian tangga digunakan untuk mengecek kartu katalog (tapi sekarang telah berubah dengan layanan digital). Kemudian dilengkapi pula dengan dekorasi yang menggambarkan saat-saat penting dalam sejarah California.

4. Perpustakaan dan Rumah Budaya Vannesla

Perpustakaan ini terletak di bagian ujung selatan Norwegia. Tak sekadar memiliki koleksi buku yang lengkap, perpustakaan ini juga merangkap sebagai pusat budaya dan tempat pertemuan di kota Vannesla.

Perpustakaan ini dilengkapi dengan kedai kopi, ruang pertemuan terbuka, ruang kelas untuk kursus pendidikan orang dewasa, dan bioskop.

Sedangkan pada bagian dalam terdapat balok kayu panjang dan tipis yang dirancang seperti ikan paus.

5. Perpustakaan Negara Bagian Australia Selatan; Adelaide

Perpustakaan ini adalah bentuk bangunan yang sangat kontras. Dari bagian luar, terlihat seperti kotak kaca ultra modern, tetapi di dalam bangunan tampak seperti desain perpustakaan bak di film Harry Potter.

Perpustakaan ini memberi penekanan khusus pada sejarah Australia. Sedangkan pada aspek moderinisasi, perpustakaan ini mempertahankan account Flickr. Dimana orang dapat mengirimkan gambar mereka sendiri sebagai gambaran kehidupan orang Australia Selatan.

Sumber: dream.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s