Babinsa Koramil 06/Teunom Optimalkan Motor Pintar

Babinsa Koramil 06/Teunom Kodim 0114/ Aceh Jaya, Kopda Joirico Pandjaitan mengoperasikan Motor Pintar ke Desa Tanoh Anau Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (13/01/2016). Pengoperasian motor pintar tersebut dilakukan dalam rangka membangkitkan minat membaca dengan menghadirkan buku tentang pendidikan, pertanian dan wawasan kebangsaan bagi masyarakat.

Kehadiran motor pintar ditengah-tengah masyarakat diterima dengan baik. Antusias masyarakat sangat tinggi terlihat saat meminjam buku tersebut.

Dandim 0114/ Aceh Jaya, Letkol Inf Deki Zulkarnaen S.I.P menyampaikan bahwa motor pintar akan terus beroperasi di sepanjang tahun 2016 ini dalam upaya optimalisasi program tersebut. Kodim 0114/ Aceh Jaya akan menambah buku-buku yang akan dibawa oleh para Babinsa baik ke sekolah maupun kepada masyarakat.

“Hal ini harus terus diupayakan agar masyarakat terus berpikir maju dan berkembang sehingga tidak tertinggal oleh perkembangan di segala bidang,” kata Dandim 0114/Aceh Jaya.

Dandim melanjutkan, Babinsa yang hadir di tengah-tengah masyarakat  dan pelajar tidak hanya membawa buku bacaan saja, akan tetapi harus memiliki wawasan sehingga masyarakat dan pelajar yang kurang mengerti atau paham tentang isi buku tersebut, mampu dijelaskan oleh para Babinsa dan diharapkan upaya ini dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan minat dalam membaca.

Sementara itu Kepala Desa Tanoh Anau, Suadi (54) mengungkapkan rasa terima kasih kepada Babinsa yang selalu membawa buku – buku yang menarik dan menjelaskan tentang apa yang tidak di mengerti oleh masyarakat, seperti arti kata, maksud atau tujuan dari suatu tulisan di dalam buku bacaan tersebut.

“Kami menganggap bahwa Babinsa yang datang dengan motor pintar bukan hanya sekedar membawa buku saja akan tetapi sudah seperti guru, karena Babinsa mau mengajari dan mampu untuk menjelaskan apa yang tidak kami mengerti atau kurang paham dalam pengertian bahasa yang ada di buku bacaan,”ungkapnya.

Dikatakannya, saat pertama beroperasinya motor pintar di desa setempat, masyarakat diharapkan akan datang ke Balai Desa maupun ke kantor Desa untuk membaca. Namun  sekarang tidak lagi, karena ada Babinsa datang dengan motor pintar ke Desa kami.

“Dengan adanya Motor Pintar, masyarakat dapat berkonsultasi dengan Babinsa, Saat ini buku tersebut sudah sedikit dan bahkan sudah habis terpinjam oleh masyarakat,” tambah Keuchik Tanoh Anau.

Sumber: habadaily.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s