Usai Rehat, Gerakan Gemar Membaca Antusias Luar Biasa

SEBANYAK 100 siswa siswi dari berbagai SD tampak berkumpul di bawah tenda yang berada di lapangan SDN 37 Pekanbaru. Di tangan mereka tampak secarik kertas yang terus menerus mereka baca dengan wajah begitu serius.

Ternyata, mereka semua adalah peserta Lomba Bercerita Sambil Baca Buku yang ditaja Riau Pos bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau.

Ya, setelah rehat beberapa pekan, Sabtu (9/1) adalah giliran grup B pula yang unjuk gigi di hadapan para juri yang berasal dari dosen Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR).

Tepat pukul 10.00 WIB, lomba pun dimulai. Satu per satu siswa menampilkan kemampuan mereka di hadapan para juri, orangtua dan siswa lainnya. Seluruhnya menampilkan cerita-cerita rakyat menarik dengan penuh penjiwaan.

Sambil menanti giliran, siswa juga bisa membaca berbagai buku yang ada di mobil pustaka keliling dan Badan Perpustakaan Dan Arsip (BPA) Kota Pekanbaru. Tak tanggung tanggung, tiga unit mobil pustaka keliling dengan ribuan koleksi buku siap menghilangkan dahaga siswa akan buku-buku berkualitas.

Kepala Badan BPA Ir Hj Nelfi Yonna MSi yang hadir saat itu, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Gerakan Gemar Membaca ini. “Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Riau Pos bekerja sama denga Disdikbud Riau dalam meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak usia sekolah. Kami berharap agar kegiatan seperti ini bisa diikuti semua sekolah di Kota Pekanbaru bersinergi dengan stakeholder lainnya. Partisipasi dunia usaha dalam hal ini sangat diharapkan sehingga Indonesia Gemar Membaca 2019 segera dapat diwujudkan,” ungkapnya.

Ke depan, ia berharap antara BPA dan Riau Pos akan terjalin kerja sama di bidang gerakan membaca. Sementara itu, General Manager Riau Pos H Zulmansyah Sekedang menuturkan,  kerja sama tersebut memang sangat terbuka lebar. Namun, kini Riau Pos ingin fokus terlebih dahulu terhadap Sang Juara.

“Kami menyambut baik kerja sama tersebut. Sebagai perusahaan media massa, tentunya kami ingin generasi muda Riau menjadikan membaca sebagai hobi. Karena dengan membaca, mereka menjadi mengenal dunia dan wawasan mereka terbuka,’’ ungkapnya.

Kegiatan Sang Juara perdana setelah libur juga diisi dengan kegiatan uji cerdas yang diikuti 101 siswa pilihan dari berbagai SD. 4 ruang belajar di SD 37 disediakan khusus untuk peserta uji cerdas beradu kemampuan mengerjakan butiran-butiran soal yang disediakan Bimbingan Belajar Ganesha Operation.

Kepala SDN 37 Gimin SPd mengaku sangat senang bisa menjadi tuan rumah dalam tryout kali ini.

‘’Dengan menjadi tuan rumah, kami berharap siswa kami bisa tampil lebih maksimal dan lebih percaya diri. Semangat mereka untuk menjadi Sang Juara juga lebih berkobar,” katanya yang saat itu mengenakan batik merah berpadu hitam tersebut.
Ditambahkan Zulmansyah, ke depan persaingan akan semakin sengit. Siswa pilihan akan tersaring. Untuk itu sekolah diminta mempersiapkan siswanya sebaik mungkin dan tak lupa mengirimkan kupon sebanyak- banyaknya untuk membantu siswa melaju ke tahap selanjutnya.(eca/yaq)

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s