Baca Buku di Perpus Baru Lebih Nyaman

YOGYA – Lengkapnya koleksi buku serta sarana dan fasilitas pendukung yang ada di  Perpustakaan DIY Grahatama Pustaka, memang mampu menarik antusias masyarakat untuk mengunjungi perpus megah yang terletak di Jalan Janti.

Sejumlah pengunjung perpustakaan DIY Grahatama Pustaka nampak sedang membaca buku. (Foto: Jh Kusmargana)

Perpustakaan baru kebanggaan warga DIY yang dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dan menelan anggaran hampir 70 milyar rupiah ini, memiliki ratusan ribu koleksi buku cetak maupun buku digital.

Tak hanya buku bagi orang normal pada umumnya, perpustakaan ini juga memiliki koleksi buku-buku bagi penyandang disabilitas khususnya tuna netra. Kepala Bidang Pelayanan dan Pelestarian BPAD DIY Monica Nur Lastiyani, menyebut hingga saat ini sudah ada sekitar 1000 eksemplar buku berhuruf braile yang menjadi koleksi perpustakaan bagi penyandang tuna netra dan akan terus ditambah.

“Kita juga baru saja menambah koleksi sebanyak 14 eksemplar buku-buku baru. Terdiri dari 4 ribuan judul. Jadi jauh lebih lengkap dibanding dulu,” ujarnya Selasa (12/01/2016).

Tak seperti gedung perpus lama di Jalan Tentara Pelajar yang terkesan sempit dan gelap, fasilitas maupun sarana prasarana gedung Perpus Grahatama Pusataka saat ini juga terbilang jauh lebih nyaman. Selain dilengkapi dengan ruang audio-video atau bioskup mini, ruang pertemuan, dan ruang diskusi, perpus ini juga memiliki sejumlah ruang baca yang dibuat terpisah-pisah. Seperti ruang buku umum, referensi, skripsi, anak, majalah dan koran, hinga ruang buku koleksi langgka dan ruang digital.

Selain dilengkapi pendingin atau AC, masing-masing ruanggan tersebut juga dibuat nyaman bagi pengunjung dengan penyediaan alas lantai dari karpet beludru, meja-kursi hingga alas bantal untuk berbaring. Tak heran sejumlah pengunjung pun nampak begitu nyaman dan betah membaca koleksi buku di perpus ini layaknya sedang berada di rumah sendiri.

“Beda banget sama yang dulu. Sekarang jauh-jauh lebih nyaman banget. Kita bisa santai-santai baca buku bahkan sambil setengah tiduran. Jadi bikin betah. Buku-bukunya juga banyak yang baru,” ujar salah seorang pengunjung Fridayanti (21).

Mulai buka pukul 08.00 hingga 22.00 setiap Senin-Jumat dan 08.00 hingga 16.00 wib pada Sabtu-Minggu, perpus berlantai tiga ini juga dilengkapi dengan puluhan tenaga perpustakaan, ruang parkir basement yang cukup luas, toilet difabel, lift serta taman di tengah-tengah gedung perpus. (R-3)

Sumber: krjogja.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s