Pacu Minat Baca Melalui Pembinaan Pustakawan

TANA PASER – Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan minat baca. Satu diantaranya dengan meningkatkan kompetensi pustakawan dan arsiparis. Pasalnya, tata kelola buku yang baik dalam sebuah perpustakaan dapat memicu orang menjadi tertarik untuk membaca.
Hal inilah yang menjadi dasar Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Paser dalam salah satu Rencana Strategi Kerja (Renstra) 2016-2021 yakni peningkatan SDM para pustaka-wan dan arsiparis.
“Kami kembali mengangkat isu SDM dalam Renstra kami lima tahun ke depan. Karena SDM pada perpustakaan masih perlu menjadi perhatian,” kata Kassubag TU Per-pustakaan Paser, Eni Setyo Astuti.
Selain akan dilakukannya pelati-han untuk arsiparis dan pustaka-wan di KPAD, lanjut Dia, pihaknya juga akan melakukan bimbingan kepada seluruh pustakawan yang ada di Kabupaten Paser.
“Pustakawan baik yang ada di desa-desa, kelurahan dan kecamatan, serta pustakawan di sekolah-sekolah dan instansi, semuanya akan kami lakukan bimbingan dan pembinaan,” ucapnya.
Menurut Dia, pembinaan dan bimbingan kepada para pustakawan dilakukan agar meningkatkan kompetensi mereka sebagai pengelola perpustakaan. Supaya buku-buku pada perpustakaan yang bersangkutan tertata dan teratur sesuai kaidah kepustakaan.
“Seperti pustakawan desa misalnya, meski mereka bukan pustakawan fungsional dan bersertifikat, mereka juga harus mengerti tata kelola buku dalam sebuah perpustakaan. Karena, jika buku di perpustakaan desa terkelola dengan baik, dan sebagaimana mestinya, itu pun juga akan memancing minat baca masyarakat pedesaan,” ujarnya(sur)

Sumber: korankaltim.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s