Keberadaan Perpustakaan Tugu Reformasi Dumai Mati Suri

DUMAI – Perpusatakaan Tugu Reformasi atau Taman Baca Kota Dumai yang terletak di pinggiran Taman Bukit Gelanggang, Jalan Sudirman terlihat mati suri. Hal itu terlihat dari daftar hari atau buku tamu pengunjung yang menunjukkan setiap harinya hanya beberapa dikunjungan pembaca saja.

Padahal dari awal Pemerintah Kota Dumai melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan Data Elektronik (PADE) telah membuat berbagai terobosan dengan cara membuka perpusatakaan Tugu Reformasi yang terletak di Taman Bukit Gelanggang, sebagai program untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Dumai.
Perpustakaan Tugu Reformasi telah dilengkapi dengan ruangan yang nyaman, bersih dan sejuk, serta didukung oleh beberapa fasilitas seperti Free Wifi, 9 Rak Buku, dan 8 Unit Komputer, 9 Rak Buku yang terdapat di Perpustakaan Tugu Reformasi berisi tentang Buku Sejarah, Kesenian, Kesusatraan, Ilmu Terapan, Ilmu Murni, Bahasa, Ilmu Sosial, Agama Filsafat dan Karya Umum.
Dikatakan salah seorang pengunjung perpustakaan Putri, bahwa kurangnya minat baca masyarakat Kota Dumai diakibatkan kurangnya sosialisai dan ajakan dari Pemerintah Kota Dumai.
“Selain itu, buku yang disajikan juga buku yang sama halnya dengan perpustakaan lainnya ataupun tak ada yang menarik. Sehingga pengunjung akan mudah bosan,” katanya saat melihat-lihat isi buku yang ada di Taman Baca.
Pasalnya menurut Putri, sejak awal didirikannya atau disulapnya Tugu Reformasi menjadi Taman Baca, seluruhnya ya hanya seperti itu-itu saja, tanpa ada perubahan dan kreasi yang dapat menarik minat pembaca.
“Ditambah jadwal perpustakaan yang hampir sama dengan jadwal PNS, yakni Senin-Jum’at dan Sabtu setengah hari. Sementara hari libur tutup, padahal jika hari libur perpustakaan atau taman baca tetap buka, maka akan memudahkan keluarga dan akanmenjadi alternatif terbaru bagi keluarga untuk mengajak anaknya berlibur atau jalan-jalan sambil membaca dan belajar,” tutupnya.

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s