Kala Dapur Imaji Ngampar Buku di CFD Cimahi

Cimah – Berjarak sekitar 10 meter dari mobil jumbo bertuliskan perpustakaan keliling yang tertutup rapat, belasan anak muda menggelar perjamuan ilmu cuma-cuma.



Hanya bermodalkan tikar bekas spanduk berukuran 2×1 meter, sekitar 200 judul buku digelar di sana. Siapa saja yang mau membaca, tinggal jongkok dan pinjam. Semuanya gratis.

Dari kejauhan, belasan anak muda itu berjejer di antara tumpukan buku-buku bekas yang dipajang. Mereka memakai kaos seragam abu bertuliskan, “Karena hidup udunan. Ideolog. #ngamparboeokoe cimahi bogor indramayu.”

Para pengunjung CFD di Plaza Rakyat Kota Cimahi pun tampak mengerbuti lapak gratis itu. Mereka memilih buku, lalu mencari tempat nyaman untuk duduk dan kemudian membaca.

Padahal, buku-buku yang tersaji kebanyakan sudah usang. Seperti majalah edisi lama atau buku yang dicetak di bawah tahun 1990. Meski begitu, masyarakat tetap menikmatinya.

Asep Lurnama (24) salah seorang pegiat di komunitas ini merasa bangga karena selain bisa nongkrong bermanfaat, juga bisa berbagi ilmu meski hanya melalui buku dan majalah bekas.

“Bisa bertemu sahabat-sahabat di sini. Bisa berkumpul dan silaturahmi. Tenyata minat baca banyak masyarakat Cimahi banyak juga,” ujar Asep saat ditemui INILAH di sela diskusi di sekitar lokasi ngampar buku, di Plaza Rakyat Komplek Pemkot Cimahi Jalan Rd.Demang Haryakusumah, Minggu (10/1/2016).

Dia mengatakan, membaca dan berdiskusi adalah gerbang membuka cakrawala pengetahuan. Mengedukasi masyarakat lewat cara sederhana adalah paling efektif seperti yang dia dan teman-temannya lakukan.

“Pokoknya hanya satu kata untuk membuka jendela ilmu dunia, membaca. Meningkatkan minat baca ini harus masif oleh semua orang,” katanya.

Di tempat yang sama, Tono Viono (23) yang dituakan dalam komunitas Dapur Imaji ini menuturkan, buku yang digelar seadanya itu berasal dari hasil udunan atau swadaya anggotanya yang berjumlah sekitar 25 orang.

“Yang punya buku silakan menyumbang ke sini agar bisa dibaca orang. Kebanyakan memang buku dari sesama teman,” katanya,

Pria yang masih kuliah di UPI ini mengungkapkan, aktivitas mereka yang sudah berlangsung sejak 15 Desember 2014 ini tidak bermaksud untuk menyaingi Pemkot yang punya program perpustakaan keliling.

“Banyak yang bisa memanfaatkan buku ini. Tiap Minggu kan mobil perpustakaan keliling tutup,” imbuhnya sambil menunjuk mobil bertuliskan Perpustakaan Keliling Dinas Pendidikan Kota Cimahi.

Sambil mendukung program pemerintah mencerdaskan masyarakat, komunitas ini punya visi sederhana. “Ingin ngumpul dan bermakna. Kita bukan perpustakaan. Kita punya buku dan ngampar. Yang mau baca silakan,” imbuhnya.

Tono bercerita, komunitas ini tersebar di tiga kota yakni Cimahi, Bogor, dan Indramayu. Masing-masing punya gerakan sama, menggelar buku di momen CFD.

Semua anggota komunitas ini, lanjut dia, merupakan rekan-rekan sekolah dan kuliah. Mereka kemudian memiliki keinginan yang sama, kumpul-kumpul sekaligus berbagi pengetahuan.

“Setiap ngumpul kita silaturahmi sambil diskusi. Kada ada pementasan teater kecil-kecilan, antalogi puisi atau sharing buku. Itu setiap dua migguan. Di sini juga tempatnya,” jelasnya.

Untuk menambah koleksi judul buku, dia pernah mengajukan ke Dinas Pendidikan Kota Cimahi. Namun tak ada respons sampai sekarang.

“Biarlah kalau tidak mau membantu. Dengan udunan kita masih konsisten berjalan rutin setiap Minggu. Ada sekitar 200 judul buku sekarang,” bangganya.

Meski begitu, dia tetap ingin bahwa gerakan ngampar buku, ngobrol, baca dan ngopi ini bisa lebih masif dari saat ini. Minimal, tambahan judul buku baru atau relawan baru.

Untuk itu, pihaknya menerima pendaftaran relawan dengan mengunjungi laman Facebook di ngamparboekoe@dapur imaji.

“Atau bisa datang ke sekretariat kami di Jalan Leuwigajah No 18. Kita membuka diri bagi siapapun yang mau jadi relawan atau mau menghibahkan buku. Sangat terbuka sekali,” katanya. [hus]

Sumber: inilahkoran.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s