Salatiga Terima Dana Insentif Daerah RP 35,4 Miliar

SALATIGA, Kota Salatiga menerima hadiah Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 35,4 miliar dari Kementerian Keuangan. Perolehan dana insentif ini akan masuk ke kas daerah pada 2016 ini. Salah satu pertimbangan  Pemerintah Pusat memberikan DID ini karena Salatiga selama 2015 menorehkan banyak prestasi. Sehingga mendapatkan hak  pemberian DID yang nilainya termasuk cukup besar.”Nantinya, dana insentif ini dipergunakan untuk berbagai kegiatan dan pembangunan yang dapat dimanfaatkan masyarakat banyak,”ungkap Walikota Salatiga, Yuliyanto, kemarin.

Menurutnya Pemkot Salatiga dan masyarakat Salatiga boleh bangga karena daerah di Jawa Tengah yang menorehkan prestasi mencatat penghargaan dan mendapat DID besar hanya Kota Salatiga dan Kota Solo. DID Rp 35,4 miliar tersebut dicairkan oleh kantor Kementerian Keuangan dan langsung masuk ke kas daerah Pemkot Salatiga pada triwulan pertama tahun ini.

Kepala DPPKAD Salatiga Fakruroji didampingi Kabag Humas Adi Setiarso mengatakan bahwa dana insentif daerah (DID) diberikan kepada daerah yang merupakan opini BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) berupa WDP, penetapan Perda APBD tepat waktu. Kemudian kinerja terkait dengan kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daearah, pelayanan publik, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan serta tingkat pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga diukur dari penurunan tingkat kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran dan pengendalian inflasi.”Tidak semua kota di Jateng mendapat DID. Untuk Pemkot yang mendapat DID besar, yakni Kota Salatiga dan Kota Salatiga di tahun 2016,” tandas Fakruroji.

Sumber: suaramerdeka.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s