MTsN Unggul Susoh Luncurkan Gerobak Baca

BLANGPIDIE – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Unggul Susoh melakukan gebrakan di awal tahun 2016 dengan meluncurkan gerobak baca dan gerakan lima ratus rupiah (Gelira). Program meningkatkan budaya membaca dan menabung itu dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Barat Daya (Abdya), Drs H Alijar dalam sebuah acara di kompleks madrasah setempat, Rabu (6/1).

Selain Kepala MTsN Unggul Susoh, Syamsullijarni SPd bersama seluruh dewan guru, acara launching gerobak baca dan gelira yang pertama di Abdya itu juga dihadiri kasi pendis, pengawas, pengurus komite, dewan guru, serta 500 siswa/siwi madrasah setempat.

Kepala Kankemenag Drs H Alijar mengatakan, kehadiran gerobak baca di MTsN Unggul Susoh diharapkan semakin meningkatkan minat baca siswa setempat. “Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya dan menulis adalah pemahamannya,” ungkapnya. Karenanya, siswa/siswi madrasah setempat diminta memfaatkan jam istirahat (waktu luang) untuk membaca buku-buku yang tersedia pada gerobak baca.

Kepala Kankemenag Alijar menambahkan, perkembangan teknologi sekarang ini seperti mendorong untuk tidak lagi membaca. Karena diracuni dengan permainan yang bisa melalaikan seperti game, video dan lainnya. Padahal, membaca dengan memanfaatkan waktu luang bisa meningkat ilmu pengetahuan.

Semua pihak, termasuk dewan guru diminta mendorong program meningkatkan minat baca, terutama di kalangan anak didik. Akan halnya program Gelira, menurut Kepala Kankemenag, akan mendidik siswa gemar menabung, meskipun sebanyak lima ratus rupiah.

Sementara Kepala MTsN Unggul Susoh, Syamsullijarni menjelaskan, launching gerobak baca menyahuti program Usaid Prioritas di Kabupaten Abdya tentang budaya baca. Gerobak baca itu akan dimanfaatkan siswa waktu istirahat dengan membaca santai, karena gerobak baca tersebut diletakkan di pekarangan madrasah. “Siswa dapat membaca sambil makan makanan ringan,” katanya.

Sumber: aceh.tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s