Perpustakaan Terapung Pertama di Sumatera Selatan Beroperasi

Obyek wisata Danau Aur di Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas (Mura), semakin meriah. Selain menikmati wisata air, para pengunjung kini bisa menikmati koleksi buku-buku  di perpustakaan terapungnya, yang baru diresmikan pada Selasa, 5 Januari 2016.

Penjabat Bupati Mura, H Riki Junaidi, pun dalam sambutannya berharap, keberadaan perpustakaan terapung pertama di Sumatera Selatan ini bisa menumbuhkan minat baca masyarakat. “Selain berwisata, kita dapat membaca buku atau sebaliknya,” katanya. Riki prihatin dengan minat baca anak-anak sekarang yang sangat kurang. “Padahal, dulu, koran bekas pun saya baca. Anak sekarang terlalu sibuk dengan telepon seluler,” ujarnya sambil menyerukan agar perpustakaan ini dirawat sebaik-baiknya.

Riki menambahkan, dengan berbagai terobosan kolaborasi antarinstansi berupa perpustakaan ini, budaya dan kegemaran membaca masyarakat Mura dapat ditingkatkan.

Selain penjabat Bupati Mura, turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Mura; Kepala dan Jajaran Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Mura; Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan; Ketua TP PKK Kabupaten Mura, Pemimpin Bank Sumsel Babel Lubuklinggau; dan Kepala Dinas terkait di Kabupaten Mura.

Kolaborasi pendidikan dengan sarana rekreasi di areal obyek wisata ini merupakan terobosan kreatif Pemkab Mura melalui Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi untuk meningkatkan budaya dan kegemaran membaca para generasi muda dan orang tua.

“Kami bangga kini anak-anak dan orang tua bisa berekreasi sekaligus bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari perpustakaan yang ada di lokasi obyek wisata Danau Aur itu,” tutur Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Kabul Aman pada saat yang sama.

Ketua DPRD Kabupaten Mura Yudi Fratama pun menyebutkan dewan mengapresiasi SKPD yang  mengembangkan berbagai langkah dan inovasi di obyek wisata Danau Aur.  “Ini pengembangan cukup strategis. Sebab, sambil berekreasi, masyarakat dapat membaca dan mendapatkan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Acara  dilanjutkan dengan pemberian bantuan oleh Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan kepada SMP Muhammadiyah Sumber Harta Kabupaten Mura.

Sumber: tempo.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s