Bank Muamalat Luncurkan Mobil Juara di Awal 2016

Mobil Juara adalah sebuah program Bank Muamalat bersama Rumah Zakat untuk meningkatkan minat baca penduduk Indonesia

Bank Muamalat Indonesia (“Bank Muamalat”) kemarin, Senin (4/1/2016) meresmikan Mobil Juara Bank Muamalat. Mobil Juara adalah sebuah program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Bank Muamalat yang bekerja sama dengan Rumah Zakat dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan minat baca penduduk Indonesia, khususnya para pelajar. Mobil Juara hadir dalam bentuk penyediaan sarana berupa buku-buku bacaan dan permainan edukatif bagi anak – anak usia sekolah dasar di Indonesia.

Berdasarkan data Bank Dunia, tingkat minat baca di Indonesia adalah yang terendah di kawasan Asia Tenggara, dimana indeksnya hanya 21,7% dibandingkan negara-negara tetangga. Hal ini diperkuat oleh data hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 yang menyatakan kegemaran masyarakat Indonesia terhadap bahan bacaan hanya 17,6 persen saja. Padahal, minat baca perlu ditumbuhkan sejak usia dini guna mengasah kemampuan berpikir seseorang hingga dewasa.

“Peresmian Mobil Juara ini adalah wujud nyata dan komitmen kami demi mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang dimulai sejak usia dini serta sejalan dengan tujuan kami untuk selalu menjadi lebih dekat di tengah-tengah masyarakat,” kata Direktur Utama Bank Muamalat, Endy Abdurrahman saat peresmian acara di kantor pusat Bank Muamalat, di Jakarta, Senin (4/1/2016).

Program yang merupakan hasil kerjasama Bank Muamalat dengan Rumah Zakat ini bersumber dari dana zakat perusahaan. Secara operasional, mobil ini telah beroperasional sejak Mei 2015 dan saat ini telah menjangkau 33 sekolah dasar dengan lebih dari 6,300 anak-anak di sekitar lokasi operasi Bank Muamalat di wilayah Jabodetabek.

Sebagaimana diketahui, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk merupakan Bank Syariah tertua di Indonesia yang didirikan pada 24 Rabius Tsani 1412 H atau 1 November 1991 yang diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia. Bank Muamalat memulai kegiatan operasinya pada 27 Syawwal 1412 H atau 1 Mei 1992 dengan dukungan dari eksponen Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) dan beberapa pengusaha muslim, pendirian Bank Muamalat turut menuai dukungan masyarakat. Bank Muamalat melayani nasabah melalui 457 jaringan kantor yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Bank Muamalat hingga saat ini masih menjadi satu-satunya bank asli Indonesia yang telah mengoperasikan cabang penuh (full branch) di Malaysia. Bank Muamalat mengandalkan lebih dari 1900 unit mesin ATM dan layanane-channel dengan fitur-fitur yang mantap guna meningkatkan aksesibilitas nasabah. Selain itu, Bank Muamalat turut menjalankan aliansi sehingga nasabah dapat melakukan transaksi setor tunai bebas biaya di 4000 jaringan Kantor Pos serta melakukan transaksi tarik tunai di 39.000 jaringan ATM Bersama dan Prima. 

Sumber: suara.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s