Membaca Dapat Berdampak Besar Bagi Sel Otak

Sebuah penelitian pada bidang ilmu saraf dan humaniora menyatakan bahwa membaca buku dapat berdampak besar bagi sel-sel otak. Para peneliti dari Emory University di Atlanta, GA, menjelaskan dalam jurnal Brain Connectivity, bahwa cerita dapat membentuk hidup kita dan bahkan dalam beberapa kasus dapat membantu seseorang menemukan jati dirinya.

Dalam penelitiannya, peneliti merekrut 21 mahasiswa dari Emory, dan selama 19 hari berturut-turut peserta dianalisa. Peneliti memilih buku yang ditulis oleh Robert Harris pada tahun 2003 yang berjudul Pompeii, yaitu tentang letusan Gunung Vesuvius di Italia kuno.

Alhasil, “Kami mengamati ada peningkatan konektivitas di korteks temporal kiri yang merupakan area otak yang terkait dengan pengolahan bahasa. Konektivitas ini tetap ada meski siswa tidak lagi membaca buku apapun,” ujar Berns.

Hal menariknya adalah, perubahan yang terjadi pada saraf bukan merupakan reaksi instan semata, namun menetap lama jauh setelah kita selesai membaca buku. “Semakin banyak buku yang  Anda baca, semakin meningkat juga kemampuan berbahasa dan motorik Anda,” jelas Berns, seperti dilansir okezone.

Sumber: fiwwit.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s