Bupati Rohil Sarankan Penghulu Manfaatkan Dana ADD Bangun Pustaka Desa

ROKAN HILIR – Untuk mempermudah mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat, penghulu/lurah di Kabupaten Rokan Hilir diminta membangun Pustaka Desa dengan memanfaatkan Alokasi Dana Desa (ADD) yang ada.

“Sampai saat ini baru 30 desa yang memiliki Pustaka dari 212 desa yang ada di Rohil,” kata Bupati Rohil H. Suyatno saat membuka Sosialisasi Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Selasa.

Pemkab Rohil, kata Bupati hanya bisa menyarankan kepada lurah/penghulu untuk membangun Pustaka Desa, sementara mengenai realisasinya tergantung dari pihak kepenghuluan untuk dimusyawarahkan dimasing-masing desa.
“Saya tegaskan manfaatkan dana ADD itu untuk membangun Pustaka Desa, apalagi masyarakat sangat menginginkannya,” ujar Suyatno.
Meski demikian, jika pihak kepenghuluan tidak berkeinginan membangun Pustaka Desa menggunakan dana ADD namun Pemkab Rohil tetap akan membangun dengan menggunakan anggaran melalui Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Rohil setiap tahunnya secara bertahap.
“Saya pikir Pustaka Desa sangat penting dibangun tiap desa, karena dengan adanya perpustakaan tersebut masyarakat bisa cerdas dan memiliki ilmu pengetahuan,” jelasnya.
Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Rohil Hj Tuti Safitri mengatakan, dari 30 pustaka di Rokan Hilir dua diantaranya telah memberikan kontribusi bagi daerah, yakni Pustaka Desa di Kepenghuluan Seremban Jaya dan Panipahan mendapatkan juara pertama dalam perlombaan Pustaka Desa Tingkat Propinsi Riau.
“Untuk tingkat Nasional kita juga pernah mengikuti perlombaan yang sama, namun belum mendapatkan yang terbaik,” kata Tuti.
Dia menambahkan, untuk mengembangkan pustaka yang ada pihaknya juga setiap tahun terus memberikan bantuan buku sebanyak 1000 Eksamplar dimasing-masing desa.
“Kita berharap melalui kegiatan ini lurah/penghulu termotivasi membangun Pustaka Desa dalam rangka mencerdaskan anak bangsa,” harapnya.

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s