Perpusda Belum Ada Lonjakan Kunjungan

KULONPROGO – Kunjungan ke perpustakaan Kulonprogo pada libur sekolah belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Kunjungan anak-anak sekolah mulai tanggal 19 hingga 23 Desember sebanyak 468 kunjungan.

“Rincian kunjungan tanggal 19 ada 101 orang dan tanggal 23 sebanyak 123 orang. Bila hari-hari biasa, jumlah kunjungan juga berkisar 100-an. Perlu adanya terobosan agar minat baca pada pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat meningkat,” jelas Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kulonprogo, Drs H Harminto MM di Wates, Senin (28/12/2015).

Untuk jumlah kunjungan selama Januari hingga Oktober 2015 tercatat 23.631 orang, perpustakaan dengan mobil keliling 46.006 orang dan motor keliling 14.153 orang. Tahun 2014 di kantor 26.690 orang, mobil keliling 44.206 orang dan motor keliling 12.048 orang.

Belum banyaknya pengunjung disaat liburan memang banyak, sebab diantaranya anak-anak sedang berlibur bersama keluarga. Harminto menjelaskan, karena itu dalam meningkatkan minat baca di kalangan pelajar ataupun masyarakat ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk mengimbau agar para pelajar maupun gurunya untuk berkunjung ke perpustakaan.

“Bisa dengan mewajibkan para siswa mempunyai kartu perpustakaan atau cara lainnya. Intinya para siswa ditumbuhkan minat bacanya, karena saat ini di perpus sudah dilengkapi fasilitas wifi, alat permainan edukasi untuk TK dan PAUD, serta setahun minimal 3 kali diadakan bazar buku,” ujarnya.

Sumber: krjogja.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s