Mengenal Wanita si ‘Pustakawan Meme’

Jakarta, Siapa bilang seorang pustakawan selalu identik dengan tumpukan buku tua di perpustakawan nan sunyi. Coba longok Amanda Brennan, seorang pustakawan modern yang rajin mengumpulkan meme di dunia maya sampai-sampai dijuluki: meme librarian.

Brennan saat ini bekerja sebagai content and community associate di Tumblr. Pekerjaannya adalah mengumpulkan berbagai gambar-gambar unik di Tumblr dan dijadikan meme yang mengundang gelak tawa.

Julukan pustakawan meme ini mungkin berawal dari nama blog pribadi Brennan, yang beralamat memelibrarian.com.

“Hal-hal aneh adalah hal-hal yang ‘besar. Saya ingin memiliki pekerjaan di mana saya mengetahui segala sesuatu yang terjadi, kemudian menontonnya, dan menganalisanya serta menjabarkannya kepada para pengguna internet, khususnya mereka yang mengira bahwa internet hanya memulu soal Facebook atau pengguna yang juga tertarik untuk ‘mendalami’ hal-hal aneh di internet,” kata Brennan seperti dikutip dari Independent.

Brennan memulai karirnya sebagai seorang ‘pustakawan meme’ sejak ia mendapatkan gelar S2 dalam ilmu perpustakaan dari Rutgers University di New Jersey, AS. Brennan memilih untuk ‘terjun’ ke dunia maya dan menerapkan ilmu yang telah ia dapatkan.

“Komunitas saya adalah internet,” ungkap Brennan.

Brennan memiliki tagar khusus #memeculture pada setiap publikasinya. Ia mengelompokkan meme ke dalam semacam katalog online yang diberi nama halaman ‘Know Your Meme’.

Brennan mengaku saat ini kecepatan peyebaran informasi di internet dapat membuat sesuatu lebih cepat viral. “Saya rasa penting untuk membuat katalog terkait berbagai hal karena anda akan mengetahui sejarah di internet.”

Salah satu meme yang paling terkenal adalah ‘mmm whatcha say’ atau ‘mmm apa yang anda akan katakan…”, seperti diungkapkan Brennan.

Dengan latar belakang pendidikan yang mumpuni dan kecintaannya terhadap internet, Brennan dengan tekun melakukan berbagai pencarian untuk selalu bisa menghasilkan meme yang sesuai dengan tren yang ada di dunia maya serta berkaitan dengan dunia nyata.

Meme memang telah menjadi salah satu budaya populer. Bahkan, gambar meme merupakan salah satu konten yang paling banyak dicari di Indonesia maupun dunia.

sumber: cnnindonesia.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s