Anak-anak Serbu Perpustakaan Keliling Alun-Alun

MALANG KOTA – Membaca menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu liburan. Seperti puluhan anak-anak memadati area mobil perpustakaan keliling di Alun-Alun Kota, Sabtu (26/12) kemarin.

Menurut Fadillah, salah satu penjaga piket, musim liburan kali ini membuat jumlah pengunjung meningkat hingga 30 persen dari hari biasa. Mobil perpustakaan keliling yang dinamai Mobil Warta ini setiap hari melayani masyarakat mulai pukul 08.00 hingga 15.00. ”Tidak pernah seramai ini, dalam sepekan ini pengunjungnya banyak, bahkan hingga ratusan setiap harinya,” jelas Fadil.

Fadil juga menjelaskan, beberapa rombongan dari TK berkunjung ke Mobil Warta yang dikelola perpustakaan pusat saat musim liburan ini. ”Memang terlihat didominasi anak-anak karena liburan, Tapi kami menyediakan buku-buku unum juga, kok,” ujarnya.

Dia menjelaskan, biasanya anak-anak yang didampingi orang tuanya memilih membaca di bawah terop dekat Mobil Warta. ”Kalau pelajar SMP, SMA dan umum biasanya meminjam buku lalu bacanya di tempat yang agak jauh,” ujar Fadil. Tidak ada penjagaan khusus, petugas piket hanya sesekali mengawasi. Dia menambahkan, perpustakaan pusat tidak akan mempersulit warga yang ingin membaca.

Lilis Indrayani, salah satu ibu rumah tangga menemani anaknya mengunjugi Mobil Warta. ”Saya baru tahu sekarang kalau ada ini (Mobil Warta, Red). Kebetulan anak saya hobi membaca,” kata Lilis. Dia mendukung program pemerintah kota dan Perpustakaan pusat dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Tufaisa Ayu Maharani, anak Lilis Indrayani juga sangat senang dengan berbagai buku yang disediakan Mobil Warta. ”Ini saya lagi baca buku tentang Perut Bumi, saya suka IPA soalnya,” kata siswa kelas 3 SD Bumi Ayu III ini dengan polos. Dia berencana akan lebih sering mengajak ibunya mengunjungi Mobil Perpustakaan Keliling ini.

Berbeda dengan Nuriyati, jika Lilis dan anaknya baru pertama mengunjungi Mobil Warta, hampir setiap minggu Nuriyati membaca buku di yang disediakan Perpustakaan Pusat ini. ”Saya sering ke sini selain baca juga untuk menanamkan minat anak saya untuk membaca,” kata ibu yang memiliki anak berusia 3 tahun ini.

Sumber: radarmalang.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s