Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, FKAP Desa Gebang Dirikan Saung Baca

CIREBON- Sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat Gebang yang hampir 20 persennya masih buta huruf, Forum Komunikasi Alumni Peduli (FKAP) Desa Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon mendirikan saung baca, Kamis (24/12).

FORUM KOMUNIKASI Alumni Peduli (FKAP) Desa Gebang bersama tokoh masyarakat desa setempat usai peresmian saung baca.

Ketua FKAP Gebang, Casiwan Abdullah menjelaskan, pendirian saung baca FKAP Gebang merupakan cita-cita lama organisasi pemuda desa setempat yang didirikan sejak tahun 2001 silam. Dengan modal swadaya, kata dia, cita-cita tersebut baru terwujud saat ini di mana tujuan pendiriannya adalah untuk menumbuhkan minat baca bagi anak-anak dan remaja Desa Gebang serta masyarakat secara umum.

“Yang mendasari didirikannya saung baca ini, karena kami melihat kurangnya minat baca anak-anak dan remaja saat ini. Mereka lebih senang bermain handphone dan media sosial. Dengan adanya tempat membaca yang konsepnya dibuat saung ini, diharapkan bisa menarik anak-anak dan remaja untuk datang membaca,“ jelasnya.

Dikatakannya, saung baca yang dibangun bari biaya swadaya masyarakat dan kas organisasi ini dibangun sederhana sejenis bangunan terbuka yang bisa dikunjungi siapapun di mana konsepnya sebagai tempat berkumpul, bertatap muka dan berinteraksi secara bebas serta berbagi informasi mengenai apa saja.

Dengan konsep sederhana tersebut, lanjut dia, saung baca bisa menjadi media berkumpul dan bertemunya anak-anak dan remaja, yang juga berguna bagi pengembangan sikap dan nilai-nilai kehidupan anak kelak. Saung baca sendiri saat ini diisi dengan koleksi buku-buku atau bahan bacaan lainnya yang dapat dikonsumsi anak secara cuma-cuma.

“Mudah-mudahan ini mendapatkan dukungan dari semua lapisan masyarakat khususnya para orang tua. Daripada anak-anak mereka bermain pada hal-hal yang menjurus ke arah negatif, lebih baik mengarahkannya ke saung baca ini,“ jelas Mantan Ketua IPNU Kabupaten Cirebon ini.

Casiwan menambahkan, pendirian saung baca juga sebagai salah satu implementasi dari kepedulian di bidang pendidikan FKAP Gebang yang didirikan secara umum sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang kepedulian terhadap kegiatan keagamaan, pendidikan dan sosial khususnya masyarakat Desa Gebang oleh empat tokoh anak muda Desa Gebang yaitu Casiwan Abdullah, Kurnadi, Rojudin dan Yogi S pada 21 Oktober 2001 lalu.

“Kita membentuk FKAP untuk membuat wadah para pemuda remaja dan anak-anak Desa Gebang  yang peduli terhadap keagamaan, pendidikan dan sosial masyarakat. Salah satunya adalah peduli minat baca di mana hampir sekitar 20 persen masyarakat di sini masih buta huruf dan anak-anak mereka khususnya yang putus sekolah diharapkan bisa mengisi waktu luangnya untuk membaca dan belajar di saung ini,“ pungkasnya.

Sumber: fajarnews.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s