Di Monumen Makam Pahlawan I.H.Doko, akan Dibangun Perpustakaan

“ Terkait Makam Pahlawan I.H.Doko yang bangunannya fisiknya belum rampung, akan segera diselesaikan pembangunan secepat mungkin sesuai dengan aturan dan langkah-langkah yang ditetapkan pemerintah daerah kita. Keterlambatan pembangunan tersebut dikarenakan kelangkaan semen dikota Kupang baru-baru ini serta musim penghujan yang turun pada awal-awal desember 2015, oleh karena itu, kami memohon maaf yang sebesar-sebarnya kepada pihak kelurga Pahlawan,I.H.Doko, atas kondisi bangunan yang belum rampung tersebut, hingga waktu pemindahan Kerangka Jenazah Pahlawan kita tersebut. Padatnya kegiatan-kegiatan pemerintah di akhir-akhir tahun ini juga, menyebabkan ketidakhadiran unsur pejabat  pemerintah dalam proses-proses penggalian dan pemindahan kerangka jenazah, oleh karena itu, dengan hati yang dalam, kami sekali lagi meminta maaf yang sedalam-dalamnya, atas kejadian yang telah dirasakan oleh pihak keluarga pahlawan I.H.Doko “.

Itulah sederetan ucapan, yang dilontarkan oleh Kepala Bagian Kelembagaan, Dinas Social Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ilyas, yang ditemui wartawan media ini, di lokasi Makam Pahlawan,I.Doko, di Fatukoa, saat dimintai tanggapannya terhadap kondisi hati yang dialami pihak keluarga , karena pembangunan Monumen dan Makam Pahlawan I.H.Doko, yang sampai pada pemakaman kembali Kerangka Jenazah, belum rampung bangunannya.

Ilyas, mengatakan, upaya-upaya awal menyangkut urusan-urusan kepemerintahan, untuk memindahkan Kerangka Jenazah Pahlawan I.H.Doko, dari TPU Kapadala ke Makam Pahlawan Fatukoa, telah dilakukan bersama pihak keluarga Pahlawan,I.H.Doko, sejak Tahun 2011.

Dan pada tahun 2015, pemerintah Provinsi mengalokasikan dana lewat APBD sebanyak 600 Juta rupiah untuk pembuatan monument dan makam Pahlawan I/H.Doko di Pekuburan Fatukoa Kupang. Dan pada tahun yang sama pula, lewat APBN, untuk pembangunan monument dan makam tersebut mendapat bantuan dana 400 juta rupiah, sehingga besaran dana untuk monument dan makam tersebut sebanyak 1 miliar rupiah..

Dijelaskan lagi, anggaran yang diperoleh tersebut, digunakan semuanya untuk pembangunan dan fasilitasi-fasilitasi yang dibutuhkan, dan karena penggunaan anggaran harus sesuai dengan aturan-aturan yang ada, maka sampai saat ini, pihaknya baru melakukan 14 item pekerjaan, dan masih tersisa 14 item lainnya yang harus dipacu percepatannya agar bangunan tersebut benar-benar rampung dan sempurna.

Katanya lagi, setelah rampung bangunanya, pemerintah akan melakukan pemasangan air dan listrik di monument makam tersebut, dan setelah itu, pihaknya akan membangun perpustakaan didalam lokasi makam Pahlawan Nasional, I.H.Doko.

Sesuai rencana, pihaknya akan mengajak dan menghadirkan anak-anak sekolah untuk dating berkunjung ke Makam Pahlawan I.H.Doko, sekaligus mengunjungi perpustakaan yang disiapkan, sehingga anak-anak sekolah, benar-benar mengenal perjuangan dan jasa-jasa Pahlawan I.H.Doko, semasa dulu hingga wafatnya. “ Kami akan melengkapi buku-buku sejarah tentang Pahlawan Nasional asal daerah kita ini, dan di pajang di perpustakaan, agar anak-anak sekolah dan pengunjung yang dating, akan mudah membaca tentang kisah perjuangan pahlawan kita ini, sehingga menjadi layak digelar pahlawan nasional “, ucap Ilyas, mengakhiri pembicaraanya.

Sumber: ntt-expos.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s