Setelah Jakarta, 10 Provinsi Segera Bangun ePustaka

Jakarta – Setelah berhasil mengembangkan perpustakaan digital (ePustaka) bernama “iJakarta” bekerjasama dengan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta, PT Woolu Aksara Maya (Aksaramaya) saat ini juga tengah bersiap-siap membuat ePustaka untuk 10 provinsi besar di Indonesia.

Dalam aplikasi tersebut, nantinya pengguna bisa meminjam buku bacaan digital secara gratis dalam jangka waktu tertentu, sehingga pada akhirnya bisa menumbuhkan minat baca masyarakat.

“Setelah DKI Jakarta, 10 provinsi besar lainnya juga tertarik untuk membuat perpustakaan digital, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, dan Banten. Dalam kerjasama ini, Aksaramaya yang menjadi pengembangnya, sementara Pemda yang menyediakan konten-kontennya,” ujar Sulasmo Sudharno, Chief Executive Officer dan salah satu pendiri Aksaramaya kepada Beritasatu.com, Jumat (25/12).

Aplikasi “iJakarta” yang sudah diluncurkan sejak pertengahan Oktober 2015 menurut Sulasmo telah berhasil meingkatkan minat baca masyaraat Jakarta. Terbukti dari antrean untuk meminjam buku yang cukup banyak.

Aplikasi “iJakarta” sendiri memiliki koleksi eBook sekitar 5.000 judul buku berbagai jenis dari para penerbit besar. Setiap eBook memiliki jumlah yang beragam dan bisa dipinjam maksimal selama tujuh hari. Pengguna aplikasi ini baru bisa meminjam eBook apabila user yang lebih dahulu meminjam telah selesai masa pinjamnya.

“Semua buku di iJakarta banyak yang antre, antara 20-30 orang. Ini menunjukan minat baca masyarakat sebetulnya sangat tinggi apabila difasilitasi,” ujar Sulasomo yang juga menjadi pengembang Moco, social reading application pertama di Indonesia.

Sumber: beritasatu.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s