Pasar “e-Book” di Indonesia Dinilai Belum Terbentuk Sempurna

Jakarta – Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia, membaca buku dalam bentuk digital saat ini tengah menjadi tren. Aplikasi yang menjual e-Book juga sudah banyak bermunculan. Ada pula yang memberikan akses gratis kepada masyarakat untuk membacanya.

Layanan gratis tersebut juga diberikan oleh Moco (baca: mocho), aplikasi social reading pertama di Indonesia yang dibuat oleh Aksaramaya. Saat menggratiskan e-Book koleksinya, respon dari pengguna aplikasi Moco sangat besar. Namun ketika mengharuskan penggunanya untuk membayar dalam jumlah tertentu, jumlah unduhan bisa langsung menurun.

“Selama 1,5 tahun menjalankan Moco, saya melihat penjualan buku digital di Indonesia memang belum terbentuk. Tapi kalau digratiskan, yang mengunduh bisa langsung ribuan,” ujar Sulasmo Sudharno, Chief Executive Officer dan salah satu pendiri Aksaramaya kepada Beritasatu.com, Jumat (25/12).

Dari analisa Sulasmo, ia menilai kondisi ini terjadi karena minat baca masyarakat yang masih rendah, serta keterbatasan masyarakat untuk mengakses alat pembayaran digital maupun transfer antar bank untuk membeli e-Book.

Karena itu, bersama Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta, Aksaramaya melahirkan perpustakaan digital (e-Pustaka) bernama “iJakarta“. Dalam aplikasi ini, penggunanya bisa mengakses seluruh koleksi e-Book secara gratis.

“Setelah dua bulan diluncurkan, repon dari masyarakat Jakarta sangat besar. Hampir semua buku yang ada di iJakara memiliki daftar antrean peminjam karena satu judul buku hanya memiliki beberapa koleksi saja,” jelas Sulasmo.

Dengan cara menggratiskan e-Book, diharapkan minat baca masyarakat akan semakin meningkat. Sehingga suatu saat, Sulasmo berharap, keinginan untuk membaca tersebut tetap tinggi, meskipun untuk mengaksesnya harus membayar sejumlah uang.

Sumber: beritasatu.com

Advertisements

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s