Komunitas Baca Dorong Transfer Ilmu

JAKARTA – Meningkatkan minat baca di kalangan individu tidak mudah. Apalagi, jika individu tersebut sehari-hari sudah disibukkan dengan rutinitas dari pagi sampai malam sehingga tak punya waktu untuk membaca.

Tim relawan Labasa, penggerak taman baca di penjuru Nusantara.

Kondisi tersebut kemudian mendorong berdirinya komunitas baca yang diberi nama Labasa (Liangkan Membaca saat Muda). Co-Founder Labasa, Syukron Ali mengatakan, prinsip dibentuknya komunitas ini adalah untuk meningkatkan minat baca.

“Nah, prinsipnya dalam komunitas Labasa saat itu, adalah membaca. Membaca yang tersirat atau yang tersurat. Membaca apa saja, dari siapa saja dan tidak melihat siapa yang berbicara, tapi apa yang dibicarakan,” ujarnya kepada Okezone, belum lama ini.

Ali mengungkapkan, anggota Labasa mayoritas adalah karyawan di pusat perbelanjaan. Bahkan, kata dia, ada juga yang berjualan pempek, kerja di salon dan masih banyak lagi.

“Jadi bisa dibilang 80 persen dari mereka tidak ada yang sempat membaca buku. Bahkan, ada yang enggak hobi baca buku. Mereka lebih suka mendengarkan cerita, sharing ilmu dari teman lainnya,” jelasnya.

Kegiatan komunitas ini, ucap dia, dilakukan setiap malam Minggu dari pukul 22.00 WIB hingga dini hari. Bentuk kegiatannya, yakni forum diskusi layaknya belajar di kelas.

“Di forum itu juga kita gilir anggota untuk latihan jadi ‘dosen’. Kadang juga kita datangkan teman dari luar untuk mengisi forum tersebut. Temanya beragam, mulai dari budaya, agama, politik, dan sosial-kemasyarakatan,” paparnya.

Ali menambahkan, saat ini ada 10 anggota yang sangat aktif. Mereka pulalah yang suka mengajak orang lain untuk bergabung.

“Dengan hadirnya Komunitas Labasa, kami berharap ada perubahan mental dan karakter para pemuda di mana mereka adalah calon-calon pemimpin, paling tidak di dalam keluarga dan masyarakatnya,” tandasnya.

Sumber: okezone.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s